Boracay, Aklan, Filipina (ANTARA News) - Menteri Perdagangan Rachmat Gobel mengatakan pemerintah akan mengawasi pasar untuk mencegah peredaran beras sintetis berbahan baku plastik.

"Kita harus mengontrol produk dan barang di pasar. Dalam hal ini para pedagang harus bertanggung jawab terhadap barang-barang yang dijualnya. Jadi, dia harus tahu dari mana asal produk yang dia jual," katanya di Boracay, Minggu.

"Pedagang dan pengelola pasar bertanggung jawab atas produk yang dijual di pasar itu kepada pelanggan," kata Rachmat usai melakukan pertemuan bilateral di sela pertemuan menteri-menteri perdagangan negara anggota Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (Asia-Pacific Economic Cooperation/APEC).

Pemerintah, menurut Rachmat, juga akan mengatur kembali peredaran produk-produk impor di pasar dalam negeri.

"Kita harus menyikapi masalah ini dengan bijak. Manajemen pasar tradisional harus diatur kembali agar bila terjadi suatu masalah, kita bisa cari siapa produsen barang tersebut," ujar dia.

Dia juga menyampaikan masalah peredaran beras sintetis yang diduga berasal dari Tiongkok itu saat melakukan pertemuan bilateral dengan Wakil Menteri Perdagangan Tiongkok Wang Shouwen.

Wakil Menteri Perdagangan Tiongkok berjanji akan membantu Indonesia menangani masalah peredaran beras plastik.

Menurut Wang, pemerintah Tiongkok saat ini hanya memberikan izin kepada satu badan usaha milik negara untuk mengekspor beras sehingga akan mudah menelusuri peredaran beras plastik.

Pewarta: Yuni Arisandy
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015