Makassar (ANTARA News) - Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) akan menggelar rapat kerja nasional untuk pertama kalinya setelah terpilihnya ketua baru di Jakarta 3-4 Juni 2015.

Koordinator Wilayah Timur PB ISSI, Basri, di Makassar Minggu mengatakan bahwa rakernas pertama ini akan membahas sejumlah hal penting termasuk agenda SEA Games Singapura dan pelaksanaan babak kualifikasi PON 2015 dan PON XIX 2016 di Jawa Barat.

"Setelah pemilihan ketua April 2015, kita akan segera menggelar rakernas yang pertama di Jakarta. Fokus pembahasan tentu program kerja PB ISSI kedepan," jelasnya.

Wakil Ketua II ISSI Sulsel itu menjelaskan, khusus untuk Sulsel sendiri tentu berharap agar rakernas nanti bisa memastikan pelaksanaan kejuaraan Tour de Celebes yang gagal terlaksana pada 2014 karena dualisme kepemimpinan.

Pada komunikasi terakhir dengan Ketua Umum PB ISSI Rajasapta Oktohari, kata dia, memang sudah mengisyaratkan mendukung dan menyetujui dilaksanakannya kejuaraan internasional "Tour De Celebes". Namun pihaknya tentu ingin mendapatkan kepastian terkait rencana tersebut.

Pengprov ISSI Sulsel tentu berharap pelaksanaan ini menjadi momen kebangkitan prestasi balap sepeda Sulsel baik ditingkat nasional hingga internasional.

Agenda Tour De Celebes sebelumnya direncanakan pada 2014. Namun karena munculnya dualisme kepemimpinan di organisasi balap sepeda Indonesia tersebut membuat agenda itu batal dilaksanakan.

Pada rencana sebelumnya, menurut dia, Tour de Celebes akan melewati empat provinsi di Sulawesi. Adapun lokasi star akan dimulai di Manado (Sulut) dan akan finis di Makassar, Sulawesi Selatan. Namun untuk agenda 2015 akan lebih dulu berkomunikasi lebih lanjut dengan PB ISSI.

"Ketua terpilih memang berkomitmen untuk menghidupkan kembali berbagai kejuaraan baik internasional, nasional termasuk kejuaraan lokal di daerah,"ujarnya.

Lebih jauh, Pengprov ISSI Sulsel juga mengagendakan menggelar uji coba kesejumlah daerah di Sulsel sebagai persiapan menghadapi babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) di Bandung, Jawa Barat, Oktober 2015.

Sejumlah daerah yang menjadi tujuan tes kemampuan atlet diantaranya Kabupaten Bone, Luwu, Luwu Timur, Palopo dan Kabupaten Tanah Toraja.

Pemilihan daerah tersebut, menurut dia, karena memiliki karakter yang cocok. Kondisi jalan yang memiliki cukup banyak tanjakan dinilai bagus untuk meningkatkan kondisi fisik dan kemampuan seluruh atlet sebelum tampil di pra-PON.

Adapun rute tour daerah yang akan dilaksanakan Pengprov ISSI Sulsel, kata dia, rencananya dimulai dari Kabupaten Bone, Sulsel menuju Siwa, Belopa Kabupaten Luwu, Luwu Timur, Palopo, Tanah Toraja dan kembali ke Makassar.

Untuk agenda uji coba ini akan diikuti sebanyak tujuh atlet yang sebelumnya telah dinyatakan lolos seleksi pertengahan Mei 2015 yakni Reza (Makassar), Wawan Ridwan (Makassar), Ramdani (Makassar), Guntur (Parepare), Nurikhsan (Bone), Fadil (Barru) serta Muchlis untuk nomor downhill.

Pewarta: Abd Kadir
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015