Boracay, Aklan, Filipina (ANTARA News) - Forum Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) 2015 sepakat untuk terus berupaya meningkatkan integrasi ekonomi regional di kawasan Asia dan Pasifik, salah satunya melalui pencapaian "Bogor Goals".

"Kami berkomitmen mencapai Bogor Goals, dalam hal perdagangan dan investasi yang bebas dan terbuka, untuk memperkuat dan memperdalam integrasi ekonomi regional di kawasan Asia Pasifik," kata Ketua Forum Menteri Perdagangan APEC 2015 Gregory L. Domingo di Boracay, Minggu.

Menurut dia, melalui forum menteri perdagangan tersebut, anggota-anggota ekonomi APEC kembali menegaskan komitmen untuk menghilangkan hambatan dan memfasilitasi perdagangan internasional dan investasi di wilayah Asia Pasifik.

"Oleh karena itu, kami menyambut persiapan untuk review jangka kedua untuk 2016 tentang kemajuan negara anggota APEC menuju Bogor Goals," ujar dia.

Bogor Goals merupakan komitmen yang dibuat oleh para pemimpin negara anggota APEC pada 1994, di mana 21 anggota ekonomi APEC bekerja bersama-sama menuju realisasi perdagangan dan investasi yang bebas dan terbuka di Asia-Pasifik pada 2020 serta pembentukan komunitas regional yang lebih besar untuk mengatasi berbagai dimensi ekonomi dan sosial sebagai dampak dari pembangunan.

Domingo mengatakan, upaya lain yang dilakukan anggota ekonomi APEC untuk meningkatkan integrasi ekonomi regional di wilayah Asia Pasifik adalah dengan memperkuat konektivitas antarnegara APEC.

"Kami berkomitmen untuk bekerja menuju Asia Pasifik yang terhubung dan terintegrasi secara komprehensif dengan menerapkan Cetak Biru Konektivitas APEC untuk 2015-2025," kata dia.

Untuk itu, lanjut dia, para anggota ekonomi APEC perlu menyelesaikan pengaturan untuk pemantauan, peninjauan, dan implementasi Cetak Biru Konektivitas APEC.

"Cetak Biru tersebut perlu diimplementasikan untuk mencapai tujuan memperkuat konektivitas fisik, kelembagaan, dan masyarakat di wilayah Asia Pasifik pada 2025," ujar Domingo.

Menteri Perdagangan dari 21 anggota ekonomi APEC melakukan pertemuan dalam rangkaian acara APEC 2015, yaitu Ministers Responsible for Trade Meeting, yang dilaksanakan pada tanggal 23-24 Mei di Boracay Island, Provinsi Aklan, Filipina.

Para menteri perdagangan tersebut membahas beberapa langkah yang akan diambil untuk membuka sumber-sumber perdagangan dan pertumbuhan investasi yang baru dan yang belum dimanfaatkan secara maksimal sambil memastikan bahwa manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat dan kalangan bisnis di masing-masing negara dan di seluruh wilayah Asia-Pasifik.

APEC adalah forum ekonomi utama Asia-Pasifik yang memiliki tujuan utama untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan kemakmuran yang berkelanjutan di kawasan Asia-Pasifik.

Melalui APEC, negara-negara di kawasan Asia-Pasifik bersatu dalam upaya membangun komunitas yang dinamis dan harmonis dengan memperjuangkan perdagangan dan investasi yang bebas dan terbuka, mempromosikan dan mempercepat integrasi ekonomi regional, mendorong kerja sama ekonomi dan teknis, dan memfasilitasi lingkungan bisnis yang menguntungkan dan berkelanjutan.

Pewarta: Yuni Arisandy
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015