Surabaya (ANTARA News) - Sekitar 11 pengunjung di Gedung Siola yang kini telah difungsikan sebagai Museum Kota Surabaya, Minggu, sempat terjebak lift selama 40 menit.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat Kota Surabaya, Soemarnoo, membenarkan kejadian itu. "Cuma sebentar saja. Gak sampai 40 menit. Kami buka sudah selesai," katanya.

Mereka terdiri dari dua balita satu berusia tiga tahun dan satu lagi berusia tujuh bulan, tiga orang wanita dan enam orang laki-laki. 

Mereka ini langsung naik di lift yang terletak di lahan parkir untuk naik ke lantai 3. Belum sampai tujuan, lift tiba-tiba macet di tengah jalan.

Kabar terjebaknya pengunjung di dalam lift sempat terdengar beberapa petugas yang sedang mempersiapkan Festival Kuliner Tunjungan.

Maka petugas Siola, Linmas , PMK dan Satpol-PP melakukan evakuasi dengan cara membuka plafon lift dan mengevakuasi pengunjung itu ke lantai empat. Proses evakuasi kurang lebih sekitar 10 sampai 15 menit.

Saat ditanya penyebab kejadian tersebut, Soemarno mengatakan pihaknya belum mengetahui lebih detail apa dikarenakan muatannya kelebihan atau tidak?.

"Saya juga kurang paham. Soal perawatan yang kurang, saya juga kurang tau. Tanya saja operatir di sana," katanya.

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015