Manado (ANTARA News) - Restoran Tong Palace di Kota Manado, Sulawesi Utara menghadirkan berbagai menu Raja Tiongkok zaman dahulu dan menjadi salah satu wisata kuliner yang diharapkan menarik bagi wisatawan.

"Kami hadir di Kota Manado, untuk meramaikan wisata kuliner di Sulut dengan menghadirkan menu-menu makanan raja-raja Tiongkok zaman dahulu," kata Pemilik Restoran Tong Palace Manado, Adrie Rolos, di Manado, Minggu.

Adrie mengatakan restoran yang berada di samping SMA Rex Mundi Manado ini memang memiliki keunikan tersendiri, yakni menjual menu-menu khas para raja di Negeri Tirai Bambu.

Dia menjelaskan dipilihnya menu khas dari Tiongkok agar memiliki ciri khas tersendiri, berbeda dari restoran Chinese Food yang sudah ada sebelumnya di kota ini.

"Supaya (konsumen) yang ingin menu para raja, hanya ingat Tong Palace," kata Rolos.

Menu-menu para raja Tiongkok yang ada di Restoran Tong Palace, diantaranya Shark Fins Soup. Menu ini biasanya didapati di pesta-pesta pernikahan. Kalau untuk restoran hanya ada di sini (Tong Palace), tak ada di tempat lain," ucapnya.

Mengapa menu ini tidak disajikan di restoran lain, karena menurut Adrie, untuk bahan bakunya susah dicari yakni mendapatkannya harus di tengah laut.

"Menu ini sangat disukai para raja Tiongkok karena mengandung omega tiga yang tinggi, sementara untuk menu lainnya, yakni teripang laut sea cucumber, "lanjut dia.

Meskipun menu yang dihidangkan berkelas, namun untuk masalah harga tak perlu khawatir bisa dijangkau semua kalangan.

"Kami ingin membuat orang Manado merasakan menu para raja di Tiongkok, yang pasti dengan harga terjangkau," tuturnya.

Selain Chinese Food, di Restoran Tong Palace menjual menu sea food, vegetarian food, serta berbagai minuman juga ada di restoran yang belum sebulan hadir di kota ini.

Nama Tong Palace sendiri merupakan kolaborasi dari bahasa Manado dan luar negeri. "Tong" sama dengan "torang" dan "palace" itu disebut dengan Bahasa Inggris yaitu istana. Jadi, kalau digabungkan Tong Palace artinya "torang pe tampa or istana"," kata Rolos.

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015