Newcastle, Inggris (ANTARA News) - Newcastle United berhasil memastikan diri bertahan di Liga Utama Inggris setelah memenangi laga pamungkas melawan West Ham United yang berakhir dengan kedudukan 2-0 di St. James Park, Minggu.

Berkat kemenangan itu, Newcastle bukan hanya lolos dari degradasi tetapi juga naik dua peringkat untuk finis di urutan ke-15 dengan raihan total 39 poin, menyalip Sunderland (38) dan Aston Villa (38) yang meraih kekalahan atas lawan masing-masing di laga penutup.

Sementara akibat kemenangan Newcastle, pesaing mereka Hull City (35) harus terdegradasi ke Divisi Championships karena menutup musim dengan berada di peringkat 18.

Jonas Gutierrez boleh menepuk dada atas kontribusi besarnya dalam memenangkan Newcastle atas West Ham, ia mengirimkan satu assist dan mencetak satu gol.

Gutierrez lebih dulu mencatatkan sebuah assist kala mengirim umpan untuk gol pertama Newcastle yang dicetak Moussa Sissoko pada menit 54.

Sissoko memenangi duel udara menghadapi dua pemain bertahan West Ham, Winston Reid dan Aaron Cresswell, demi menyambut umpan silang yang dikirimkan Gutierrez dan menyarangkan bola ke gawang lawan.

Tim tamu sendiri seolah terlihat buntu dalam menyerang dan hanya melakukan sebuah serangan berbahaya sekali setelah kebobolan, tepatnya menit 80, meski sayangnya bola tendangan akrobatik Kevin Nolan masih menyamping tipis dari sasaran.

Newcastle memastikan bahwa mereka pantas berpesta ketika Gutierrez mencetak gol kemenangan untuk timnya, menyelesaikan umpan Jack Colback dengan kaki kirinya.

Gutierrez tak kuasa menahan kegembiraannya, luapan emosinya membuat ia menerima kartu kuning akibat selebrasi yang dinilai berlebihan oleh wasit Martin Atkinson, yang juga memberikan kartu kuning untuk alasan serupa terhadap Sissoko sebelumnya.

Tapi apalah arti dua kartu kuning, jika itu cukup membayar tiket bagi Pasukan Kartun itu tetap berlaga di Liga Utama Inggris musim depan.

Berikut susunan lengkap pemain yang diturunkan kedua tim dalam laga tersebut sebagaimana dilansir laman resmi UEFA.

Newcastle United (4-2-3-1): Tim Krul (PG); Daryl Janmaat, Michael Williamson, Fabricio Coloccini, Paul Dummett; Jack Colback, Vurnon Anita (Yoan Gouffran); Emmanuel Riviere, Moussa Sissoko, Jonas Gutierrez; Papiss Demba Cisse
Pelatih: John Carver

West Ham United (4-2-3-1): Adrian (PG); Carl Jenkinson, Reece Burke (James Tomkins), Winston Reid, Aaron Cresswell; Alexandre Song, Cheikhou Kouyate (Elliot Lee); Enner Valencia (Morgan Amalfitano), Kevin Nolan, Stewart Downing; Carlton Cole
Pelatih: Sam Allardyce

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015