Jakarta (ANTARA News) - Badan Olahraga Profesional Indonesia menyatakan telah memberikan rekomendasi pertandingan babak 16 besar AFC Cup antara Persipura Jayapura melawan tim asal Malaysia Pahang FA.

"Menpora dan BOPI telah memberikan dukungan dan persetujuannya melalui surat rekomendasi yang diberikan," kata Sekretaris Jenderal BOPI Heru Nugroho di Jakarta, Minggu.

Surat rekomendasi pertandingan yang diberikan BOPI untuk laga Persipura-Pahang tersebut diterbitkan dan dikirimkan pada pihak Persipura pada Sabtu (23/5).

Heru menjelaskan, Staf Bidang Organisasi BOPI Rubby Saputra telah melakukan komunikasi dengan Persib dan Persipura dalam rangka memproses penerbitan rekomendasi pertandingan.

Heru menjelaskan, Persib dan Persipura mengirimkan surat permohonan penerbitan rekomendasi pertandingan masing-masing pada Jumat (22/5) pukul 14.00 dan 16.00 WIB.

Setelahnya, lanjut dia, surat tersebut diteruskan ke Ketua Umum BOPI Mayjen TNI (Purn) Noor Aman.

"Surat segera diteruskan ke Ketum BOPI melalui Kadiv Organisasi dan langsung diberikan persetujuannya, karena ini menyangkut komitmen Menpora untuk tetap mendukung kiprah Persib dan Persipura di AFC Cup," jelasnya.

Heru melanjutkan, surat rekomendasi pertandingan Persib dan Persipura telah ditandatangani Ketua Umum BOPI dan diterbitkan serta dikirim ke klub bersangkutan pada Sabtu (23/5) pukul 13.58 WIB.

Namun, terdapat kesalahan pada surat rekomendasi pertandingan Persipura karena surat belum ditandatangani. Akan tetapi pihak BOPI segera memperbaiki dan langsung mengirim ulang perbaikannya pada pukul 15.01 WIB pada hari yang sama.

Dengan demikian, BOPI yang berada di bawah Kementerian Pemuda dan Olahraga mengaku sudah melakukan tugasnya dan memberikan kemudahan pada kedua klub.

"Dengan sudah dikirimkannya rekomendasi BOPI, maka prosedur selanjutnya sudah menjadi tugas dan tanggung jawab manajemen Persipura," ujarnya.

Klub asal Malaysia Pahang FA memutuskan untuk kembali ke Negeri Jiran karena sejumlah pemainnya tertahan di bandara karena masalah keimigrasian.

Tim Pahang FA yang sudah sampai di Indonesia meninggalkan Tanah Air pada Minggu pagi dan sampai di Malaysia Minggu siang.

Pucuk Pimpinan Tertinggi klub, Fahrizal Hasan mengungkapkan, kecewa pada PSSI karena tidak melayani tim tamu dengan benar.

Melalui akun Twitternya Fahrizal juga mengatakan akan melaporkan hal tersebut ke AFC untuk melakukan tindakan lebih lanjut.

(T.A071/B/F003/F003) 24-05-2015 23:17:23

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015