Inggris (ANTARA News) - Penyerang Manchester City Sergio Aguero meraih predikat penyerang tersubur Liga Utama Inggris musim ini dengan merajai daftar pencetak gol lewat koleksi 26 gol dari 33 kali penampilan.

Pada laga pamungkas malam tadi Aguero turut mencetak gol untuk membantu City menang 2-0 dari Southampton.

Prestasi penyerang asal Argentina itu naik sembilan gol dari musim lalu, namun total tersebut tidak cukup banyak untuk melewati pencetak gol terbanyak musim lalu Luis Suarez yang bermain untuk Liverpool dengan 31 gol.

Pada urutan kedua adalah penyerang tim nasional Inggris Harry Kane yang membela Tottenham Hotspur dengan koleksi 21 gol dari 34 kali penampilan.

Satu gol yang diciptakan pada pekan 38 sekaligus menahbiskan Kane menyamai raihan para pendahulunya Gareth Bale dan Teddy Sheringham, yang menciptakan 21 gol dalam semusim untuk klub London tersebut di Liga Utama Inggris.

Selanjutnya adalah penyerang Chelsea Diego Costa yang musim ini kerap diganggu cedera namun berhasil menyarangkan 26 gol dalam 26 kali penampilan.

18 gol yang dicetak penyerang Queens Park Rangers, Charlie Austins,  menempatkannya pada urutan empat daftar pencetak gol dan membuka jalan dipanggil masuk tim nasional Inggris, namun tak cukup membantu timnya menghindari degradasi ke Divisi Championship karena mengakhiri musim sebagai juru kunci klasemen.

Pembelian sukses oleh Arsenal atas Alexis Sanchez dari Barcelona musim panas lalu terbukti setelah penyerang berdarah Chile itu mengemas 16 gol dan berada pada urutan kelima daftar pencetak gol Liga Utama Inggris musim ini.

Nasib naas diperlihatkan oleh Liverpool yang musim lalu menempatkan Suarez dan Daniel Sturridge pada dua teratas daftar pencetak gol, musim ini justru tidak menempatkan satu pun pada 10 besar pencetak gol terbanyak.

Ironisnya, pencetak gol terbanyak mereka musim ini adalah kapten Steven Gerrard dengan sembilan gol yang memutuskan mengakhiri karir 17 tahun bersama Liverpool untuk hijrah ke LA Galaxy.

Berikut 10 besar daftar pencetak gol terbanyak Liga Utama Inggris 2014-2015 sebagaimana dilansir laman resmi liga.

26 - Sergio Aguero (Manchester City)
21 - Harry Kane (Tottenham)
20 - Diego Costa (Chelsea)
18 - Charlie Austin (QPR)
16 - Alexis Sanchez (Arsenal)
14 - Eden Hazard (Chelsea), Olivier Giroud (Arsenal), Saido Berahino (West Ham)
13 - Christian Benteke (Aston Villa)
12 - David Silva (Manchester City), Wayne Rooney (MU), Graziano Pelle (Southampton)
11 - Wilfried Bony (Manchester City), Nacer Chadli (Tottenham), Papiss Demba Cisse (Newcastle), Danny Ings (Burnley)
10 - Robin van Persie (MU), Yaya Toure (Manchester City), Diafra Sakho (West Ham), Sadio Mane (Southampton), Romelo Lukaku (Everton), Christian Eriksen (Tottenham)


Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015