Cannes, Prancis (ANTARA News) - Film Prancis "Dheepan" memenangi penghargaan tertinggi Palme d'Or untuk sutradara Jacques Audiard pada Festival Film Internasional Cannes Ke-68, Minggu waktu setempat, sehingga menjadi malam yang mengesankan bagi film produksi Prancis yang menyabet dua penghargaan lainnya.

Film ini mengisahkan perjalanan hidup para pengungsi Tamil korban perang saudara di Sri Lanka dalam mencari kehidupan baru di sebuah perumahan Prancis yang garang dan sarang narkoba.

"Menerima penghargaan dari Coen bersaudara adalah hal yang luar biasa.  Saya teringat ayah saya," kata Audiard.

Duo sutradara Amerika Joel dan Ethan Coen memang mengetuai festival tahun ini.

Aktor Prancis Vincent Lindon menggondol predikat pemeran utama pria terbaik lewat film arahan sutradara Prancis Stephane Brize, "La Loi du Marche" (The Measure of a Man) yang memerankan pria yang kehilangan pekerjaannya.

"Ini kali pertama saya memenangkan anugerah selama hidup saya. Saya dedikasikan anugerah ini kepada semua orang yang diabaikan dari yang seharusnya layak mereka dapatkan dan mereka para warga negara yang agak ditelantarkan," kata Lindon.

Pemeran utama wanita terbaik jatuh kepada dua aktris, yakni aktris Amerika Serikat Rooney Mara lewat perannya pada film arahan Todd Hayne "Carol" dan aktris Prancis Emmanuelle Bercot dalam film karya sutradara Prancis Maiwenn "Mon Roi" (My King).

Anugerah kedua jatuh ke tangan sutradara Hungaria Laszlo Nemes atas filmnya "Saul Fia" (Son of Saul), sedangkan film sutradara Yunani Yorgos Lanthimos "The Lobster" merebut anugerah ketiga.

Sutradara Taiwan Hou Hsiao-Hsien menjadi sutradara terbaik atas karyanya "Nie Yinniang" (The Assassin), demikian Reuters.

Berikut daftar pemenang Festival Film Internasional Cannes Ke-68:

Palme d’Or: "Dheepan" (Jacques Audiard, Prancis)
Grand Prix: "Son of Saul" (Laszlo Nemes, Hungaria)
Sutradara Terbaik: Hou Hsiao-hsien, "The Assassin" (Taiwan)
Pemeran Utama Pria Terbaik: Vincent Lindon, "The Measure of a Man" (Prancis)
Pemeran Utama Wanita Terbaik: Emmanuelle Bercot dalam "Mon roi" (Prancis), dan Rooney Mara dalam "Carol" (Inggris)
Penghargaan Dewan Juri Terbaik: Yorgos Lanthimos, "The Lobster" (Yunani-Irlandia-Inggris-Belanda-Prancis)
Skenario Terbaik: Michel Franco, "Chronic" (Meksiko-Prancis)
Palme d’Honneur: Agnes Varda
Camera d’Or: "Land and Shade" (Cesar Augusto Acevedo, Kolombia)
Palme d’Or Film Pendek: "Waves ’98" (Ely Dagher)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015