Jakarta (ANTARA News) - Aktris dan komedian kelahiran New York, Anne Meara, yang merupakan pasangan hidupnya komedian Jerry Stiller dan ibu dari aktor Ben Stiller, meninggal dunia dalam usia 85 tahun.

Meara meninggal dunia Sabtu lalu, namun tak disebutkan penyebab kematiannya.

"Beliau meninggalkan suami dan pasangan hidupnya Jerry Stiller. Keduanya menikah selama 61 tahun dan bekerja sama selama bertahun-tahun," kata keluarganya seperti dikutip Reuters.

Meara lahir pada 20 September 1929 dan memulai karirnya di teater dadakan. Pada 1954 dia mengikuti casting opera sabun produksi NBC berjudul The Greatest Gift.

Meara dan Stiller, yang pertama kali bertemu pada 1953 dan menikah beberapa bulan kemudian, sama-sama bekerja pada paguyuban lawak Compass Players, sebelum tampil sendiri sebagai duo komedian.

Pada 1960-an, mereka menjadi duo komedian terkenal dalam televisi Amerika dengan tampil 36 kali pada "The Ed Sullivan Show."

Kebanyakan lawakan mereka berpusat pada soal pernikahan dan tinggi badan (Stiller hanya 1,62 meter, sedangkan Meara lebih tinggi), selain juga soal etnis. Jerry adalah Yahudi, sedangkan Maera keturunan Irlandia.

"Pernikahan kami abadi karena kami punya perasaan yang sama mengenai ketidaknyamanan menjadi aktor. Kami membutuhkan stabilitas," kata Stiller kepada New York Daily News pada 2012.

Pada awal 1970-an, pasangan itu bekerja terpisah. Meara membintangi film "The Out-of-Towners" dan "Lovers and Other Strangers" serta membintangi acara televisi "Kate McShane."  Dia juga tampil pada acara televisi "The King of Queens" dan "Sex and the City."

Selain meninggalkan seorang suami, Meara juga meninggalkan anak perempuannya Amy, Ben Stiller anak lelakinya, dan cucunya.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015