Florida (ANTARA News) - Aktris dan pelawak kelahiran New York, Anne Meara, yang dikenal melalui acara serial bersama sang suami, Jerry Stiller, meninggal pada akhir pekan lalu dalam usia 85 tahun, kata keluarganya, Minggu.

Meara, ibu aktor Ben Stiller, meninggal pada Sabtu, kata keluarganya dalam pernyataan melalui perwakilannya, tapi tidak merinci penyebab kematiannya.

"Dia meninggalkan seorang suami dan pasangan hidupnya Jerry Stiller," kata pernyataan itu, "Keduanya menikah selama 61 tahun dan bekerja bersama-sama hampir selama itu."

Meara lahir pada 20 September 1929. Pada tahun 1954 ia bergabung dengan sinetron NBC yang berumur pendek "The Greatest Gift", kata riwayat hidupnya di MTV.com.

Meara dan Stiller, yang bertemu pada tahun 1953 di kantor agen dan menikah beberapa bulan kemudian, bekerja sama di group komedi "Compass Player", pendahulu organisasi Second City, sebelum membentuk duo.

Pada 1960, mereka menjadi pasangan pelawak ternama di televisi Amerika, dan tampil 36 kali di "The Ed Sullivan Show".

Kiprah mereka antara lain tercatat di sandiwara wawancara dengan peran Jonah di Alkitab setelah pertemuannya dengan Paus dan parodi iklan televisi.

Banyak lelucon mereka setelah menikah berbasis dan terfokus pada perbedaan tinggi -Stiller memiliki tinggi 1,62 meter sementara Meara lebih tinggi- dan etnis, Stiler bersuku Yahudi dan Meara keturunan Irlandia.

"Pernikahan kami langgeng karena kami memiliki perasaan yang sama ketidakamanan tentang menjadi seorang aktor. Kami membutuhkan stabilitas, " kata Stiller kepada New York Daily News pada tahun 2012.

Pada awal 1970-an, pasangan ini mulai bekerja secara terpisah. Meara membuat film "The Out-of-Towners", "Lovers and Others Strangers" dan telah satu tahun terlibat dalam acara televisi "Kate McShane".

Dia juga muncul di acara televisi "The King of Queens" dan "Sex and the City". Dia juga meninggalkan seorang putri Amy, anak laki-laki Ben, dan cucu, kata keluarganya.

(Uu.SYS/B/G003/B/B002) 

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015