Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 522 atlet akan membela Merah Putih pada pesta olahraga Asia Tenggara  (SEA Games) 2015 di Singapura.

Ketua Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2015 Taufik Hidayat dalam acara pengukuhan kontingen oleh Komite Olimpiade Indonesia (KOI) di Jakarta, Senin, melaporkan Kontingen Indonesia berjumlah 748 orang yang terdiri atas 522 atlet, 226 pelatih dan pengurus cabang olahraga, satu ketua kontingen, dua wakil kontingen, dan 32 staf kontingen.

"Jumlah cabang yang akan diikuti Kontingen Indonesia sebanyak 32 cabang dan akan berangkat dalam enam gelombang," kata Taufik.

Namun, Taufik hanya menguraikan tiga gelombang pemberangkatan Kontingen Indonesia ke Singapura yaitu pada 29 Mei yang diikuti 19 atlet dari cabang olahraga tenis meja dan cabang berkuda dengan lima orang pendamping.

Gelombang kedua pada 30 Mei yang diikuti 72 atlet dari cabang sepak bola, cabang renang indah, dengan tiga orang pendamping.

Kemudian, lanjut Taufik, gelombang berikutnya akan dilakukan bertahap dengan keberangkatan terbanyak pada 2 Juni yang diikuti 242 atlet dari 11 cabang olahraga dan 18 orang pendamping.

Ketua Umum KOI Rota Subowo berharap pelaksanaan SEA Games berjalan lebih baik dari sebelumnya.

"Kami berharap pelaksanaan SEA Games ini dapat berjalan lebih baik lagi. Kontingen Indonesia merupakan atlet-atlet terbaik yang akan berlaga di Singapura nanti," kata Ketua Umum KOI Rita Subowo dalam sambutan pengukuhan.

Sementara itu, Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi dan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga Djoko Pekik berharap Kontingen Indonesia dapat tampil maksimal dan menjunjung sportivitas agar dapat meraih hasil maksimal.

"Pemerintah, KOI, Satlak Prima, dan pengurus pusat serta pengurus besar cabang-cabang olahraga mendukung penuh perjuangan atlet ke Singapura. Kami juga mengirim 46 wasit Indonesia yang akan bertugas di Singapura.

Sebelumnya, Satlak Prima memproyeksikan kontingen Indonesia mampu menyabet 46 medali emas yang berasal dari cabang tinju satu emas, anggar satu emas, judo satu emas, pencak silat empat emas, taekwondo satu emas, wushu empat emas.

Berikutnya atletik enam emas, kano tiga emas, rowing enam emas, renang lima emas, perahu naga (TBR) satu emas, ski air tiga emas, panahan satu emas, biliar dua emas, boling satu emas, berkuda dua emas, senam satu emas, bulu tangkis dua emas dan tenis satu emas.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015