Jakarta (ANTARA News) - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggandeng para pegiat dunia maya, khususnya kalangan anak muda, untuk menghadang penyebarluasan paham radikalisme melalui Internet.

Para anak muda dari berbagai komunitas dan daerah itu, di antaranya yang tergabung dalam Indonesia Back Track (IBT) dan sejumlah komunitas yang ada di bawah Muhammadiyah, dilibatkan dalam program Damai di Dunia Maya 2015 yang diinisiasi BNPT.

"Ini salah satu langkah untuk menciptakan perdamaian di dunia maya," kata Deputi I BNPT Agus Surya Bakti Pada acara Workshop Program Damai di Dunia Maya 2015 di Jakarta, Senin.

Menurut Agus, melalui program itu diharapkan nantinya bisa dibentuk komunitas cinta damai, cinta NKRI, dan komunitas yang punya nasionalisme tinggi sehingga mereka tidak ingin Indonesia dipenuhi hasutan dan kekerasan yang ujung-ujungnya adalah terorisme.

"Artinya, kita berkumpul di sini untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat tentang NKRI dalam format kedamaian. Mari kita bergabung bersama menciptakan perdamaian di dunia maya," kata Agus.

Para pemuda diajak menyemarakkan dunia maya dengan berbagai konten damai untuk mengimbangi pesan-pesan penuh kekerasan dan konten negatif lainnya.

"Artinya, kalau mereka bicara kekerasan, kita akan imbangi dengan bicara kelembutan," kata Agus seraya menambahkan bahwa pihaknya juga sudah membentuk Pusat Media Damai (PMD) untuk menggagas program-program perdamaian itu.

Menurut Agus, anak muda dipilih untuk mengikuti acara ini karena berdasarkan data yang didapat dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada tahun 2014, hampir separuh pengguna Internet adalah generasi muda yang lahir setelah tahun 1980.

"Dan tentunya generasi muda menjadi sangat rawan bagi penyebaran konten negatif yang bernuansa kekerasan dan penghasutan," kata Agus.

Workshop tersebut melibatkan 53 pemuda penggiat internet. Turut hadir memberikan sambutan Direktur E-Business Ditjen Aplikasi Informatika (APTIKA) Kemkominfo Ir Azhar Hasyim, MT serta pengurus FKPT DKI Jakarta.

Dalam acara ini, BNPT juga memperkenalkan portal www.damai.id sebagai media penghubung antarkomunitas dalam membentuk jejaring damai di dunia maya. Sebelumnya BNPT telah meluncurkan website informatif yaitu damailahindonesiaku.com dan website bersifat edukatif jalandamai.org.

Pewarta: Sigit Pinardi
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015