Yogyakarta (ANTARA News) - Tiket kereta api tambahan Lebaran keberangkatan dari beberapa stasiun di Daerah Operasi VI Yogyakarta sudah mulai habis dipesan, namun masih menyisakan tiket untuk keberangkatan pada hari-hari tertentu.

"Sebagian besar tiket untuk keberangkatan dari Yogyakarta atau Solo ke Jakarta dan Bandung sudah mulai habis dipesan. Tetapi, penumpang masih bisa memilih keberangkatan pada tanggal lain dengan tiket yang masih tersedia," kata Manager Corporate Communications PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta Gatut Sutiyatmoko di Yogyakarta, Senin.

PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta akan menjalankan empat kereta tambahan selama masa Angkutan Lebaran 2015 yaitu kereta Argo Lawu Fakultatif, Taksaka Lebaran, Sancaka Lebaran dan Lodaya Lebaran dengan total 3.528 tempat duduk.

Gatut mengatakan, tiket kereta api tambahan dari Jakarta ke Yogyakarta untuk keberangkatan 12-16 Juli sudah habis dipesan. Sementara untuk keberangkatan dari Yogyakarta ke Jakarta pada saat arus balik yaitu 20-26 Juli sebagian besar sudah habis, namun masih ada kereta yang menyisakan tempat duduk.

"Misalnya saja untuk Taksaka Lebaran masih menyisakan banyak tempat duduk," katanya.

Sedangkan tiket tujuan Bandung dari Solo dan Yogyakarta untuk keberangkatan 19-26 Juli sudah habis dipesan begitu pula dari Bandung ke Solo atau Yogyakarta untuk keberangkatan 14-15 Juli sudah habis dipesan.

Tiket kereta tambahan Sancaka tujuan Surabaya masih menyisakan banyak tempat duduk, begitu pula untuk Sancaka reguler baik keberangkatan pagi atau malam hari.

Selain itu, tiket kereta reguler dari Jakarta ke Yogyakarta atau Solo untuk keberangkatan 9-18 Juli sudah habis dipesan, sedangkan dari Yogyakarta ke Jakarta habis dipesan untuk keberangkatan 20-27 Juli.

"Masih ada tiket untuk keberangkatan ke Jakarta pada 19 Juli yaitu Taksaka Pagi dan Argo Lawu. Masih ada sekitar 100 tiket," katanya.

Gatut mengingatkan, pembelian tiket harus dilakukan secara benar yaitu membeli di stasiun atau di tempat reservasi lain seperti minimarket dan agen resmi tiket atau melalui pembelian secara online.

"Pastikan nama penumpang yang berangkat dengan nama penumpang di tiket sama. Petugas di pintu boarding pass akan meminta bukti kartu identitas diri yang asli," katanya.

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015