Ambon (ANTARA News) - Menteri Koordinator Kemaritiman, Indroyono Soesilo, menegaskan, Pemerintah Pusat akan segera menetapkan Provinsi Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional. Maluku salah satu provinsi yang memiliki perairan jauh melebihi luas wilayah daratnya dan perairannya sangat kaya ikan. 

"Perjuangan Maluku untuk menjadi LIN akan segera terwujud. Hanya tinggal dua tahapan lagi dan pemerintah pusat di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo akan meresmikannya," kata Susilo, di Ambon, Senin.

Dia di Ambon untuk membuka diskusi publik sinergitas kebijakan  mendorong pengembangan ekonomi berbasis maritim yang digelar Bank Indonesia Perwakilan Maluku. Diskusi melibatkan empat provinsi kawasan timur yakni Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

Menurut Susilo, kekayaan sumber daya hayati laut tidak bisa dipungkiri sangat besar dan potensial serta menjadi salah satu sektor unggulan penyumbang devisa bagi negara selama ini.

Dia mengakui, "Perjuangan Maluku memperoleh pengakuan sebagai lumbung ikan nasional telah mendapatkan legitimasi pemerintah pusat sejak dipimpin mantan Presiden Susilo Yudhoyono."

Pewarta: Jimmy Ayal
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015