Roma (ANTARA News) - AS Roma berhasil memenangi laga pekan ke-37 Liga Italia Seri A melawan rival sekota SS Lazio dengan skor 2-1 di Stadion Olimpico, Senin dini hari WIB.

Laga tersebut juga merupakan pertemuan edisi 175 dari pertandingan yang lebih dikenal sebagai Derby della Capitale atau Derby Ibu Kota Italia, dan dengan meraih kemenangan Roma mempertajam rekor mereka menjadi 64 kali menang, meninggalkan jauh Lazio yang hanya berhasil memenangi 48 pertemuan di antaranya.

Berkat kemenangan tersebut tim asuhan Rudi Garcia sukses mengamankan posisi kedua klasemen akhir Seri A, yang sementara ini mereka duduki dengan raihan total 70 poin dan memperoleh satu tiket ke fase grup Liga Champions musim depan.

Raihan tersebut tidak mungkin dikejar Lazio (66) yang berada di posisi ketiga, mengingat liga hanya menyisakan satu rangkaian laga lagi untuk dijalani pada pekan depan.

Bahkan dengan kekalahan kali ini, tim besutan Stefano Pioli yang akan menghadapi peringkat empat Napoli (63) bukan tidak mungkin bakal mengubur harapan berlaga di Liga Champions musim depan apabila meraih kekalahan di pekan pamungkas.

Pasalnya, di pertemuan pertama Napoli memperoleh kemenangan 1-0 di Olimpico dan akan mendapat keuntungan dukungan dari para penggemar mereka di San Paolo kala menjamu Lazio di laga penutup musim.

Kemenangan Roma dalam pertandingan kali ini dipastikan oleh gol yang dicetak pemain belakang Mapou Yanga-Mbiwa pada menit 85 menyelesaikan bola tendangan bebas yang dikirimkan oleh pemain pengganti Miralem Pjanic, usai Victor Ibarbo dilanggar bek pengganti Lazio Luis Pedro Cavanda.

Gol tersebut menghabisi Lazio yang sempat berkesempatan membangun momentum kebangkitan usai menyamakan kedudukan lewat pemain pengganti Filip Djordjevic pada menit 81.

Gol pertama Roma sendiri disumbangkan oleh pemain sayap Juan Iturbe pada menit 73 setelah ia melakukan sontekan jarak depat demi menyelesaikan umpan yang dikirim Ibarbo.

Laiknya laga Derby Ibu Kota yang telah lalu, edisi 175 ini juga diwarnai ketegangan baik di dalam maupun di luar lapangan.

Di luar lapangan jelang pertandingan dilaporkan media setempat bahwa dua orang mendapati luka tusuk terkait laga Lazio kontra Roma itu.

Sementara di dalam lapangan selain sebuah flare sempat jatuh di dekat gawang Lazio yang memaksa penjaga gawang Federico Marchetti memungutnya, hujan pelanggaran juga terjadi hingga wasit Nicola Rizzoli mengeluarkan sedikitnya tujuh kartu kuning sepanjang laga.

Wasit Rizzoli memberikan empat kartu kuning untuk para punggawa Lazio yakni Senad Lulic, Santiago Gentiletti, Lucas Biglia dan Miroslav Klose.

Sementara empat kartu kuning untuk kubu Roma diberikan wasit Rizzoli kepada Francesco Totti, Vasilis Torosidis, Juan Iturbe dan Alessandro Florenzi.

Berikut susunan lengkap pemain yang diturunkan kedua tim dalam laga tersebut sebagaimana dilansir laman resmi UEFA.

SS Lazio (4-2-3-1): Federico Marchetti (PG); Dusan Basta, Stefan de Vrij, Santiago Gentiletti, Senad Lulic (Luis Pedro Cavanda); Lucas Biglia (Danilo Cataldi), Marco Parolo; Antonio Candreva, Stefano Mauri (Filip Djordjevic), Felipe Anderson; Miroslav Klose
Pelatih: Stefano Pioli

AS Roma (4-3-3): Morgan De Sanctis (PG); Vasilis Torosidis, Kostas Manolas, Mapou Yanga-Mbiwa, Jose Holebas; Seydou Keita (Miralem Pjanic), Daniele De Rossi, Radja Nainggolan; Alessandro Florenzi, Francesco Totti (Victor Ibarbo), Juan Iturbe (Seydou Doumbia)
Pelatih: Rudi Garcia

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015