Saya tidak peduli dengan calon lawan. Yang terpenting saat ini adalah saya terus tekun latihan."
Jakarta (ANTARA News) - Atlet biliar andalan Indonesia Angeline Magdalena Ticoalu memilih fokus mempersiapkan diri sendiri daripada memantau kekuatan calon lawan yang akan dihadapi pada SEA Games 2015 Singapura, 5-16 Juni.

"Saya tidak peduli dengan calon lawan. Yang terpenting saat ini adalah saya terus tekun latihan," kata Angeline di sela pengukuhan dan pelepasan kontingen SEA Games 2015 di Gedung Serbaguna Senayan, Jakarta, Senin.

Peraih emas pada SEA Games 2013 itu mengaku pihaknya akan berusaha meraih hasil terbaik. Apalagi selama pemusatan latihan berlangsung kemampuannya dinilai mulai meningkat. Namun, demikian pihaknya tidak akan meremehkan calon lawan.

Menurut dia, setiap mengikuti kejuaraan calon lawan juga sudah mempersiapkan diri. Bisa dipastikan kemampuannya akan meningkat. Untuk itu, pihaknya akan menunjukkan kemampuan terbaiknya pada kejuaraan dua tahunan itu.

"Saya akan berusaha meraih target yang dibebankan yaitu medali emas. Makanya saya akan berusaha semaksimal mungkin," kata perak perunggu pada SEA Games 2011 di Tanah Air itu.

Meski keyakinan yang tinggi, salah satu pebiliar senior Indonesia itu tetap mewaspadai kebangkitan lawan. Salah satu calon lawan yang diwaspadai adalah pebiliar asal Filipina, Rubilen Amit. Angeline mengaku rekor pertemuan dengan lawan adalah 1-3.

"Saya telah mengetahui kelemahan dan keunggulan dia (Rubilen Amit). Yang jelas sama mempunyai obsesi sendiri untuk mengalahkannya," kata atlet kelahiran 29 Oktober 1984.

Sebelumnya, manajer tim biliar, Abdul Hafil Fuddin mengatakan Indonesia akan mengirim 10 atlet kekejuaraan dua tahunan itu dan akan turun empat nomor yaitu pool, snoker, Inggris biliar dan carom. Adapun target yang ditetapkan adalah merebut dua medali emas.

"Target memang realistis. Kami mempunyai atlet yang mempunyai peluang besar untuk merebut emas terutama di nomor pool (Angeline dan Ricky Yang)," katanya.

Demi merealisasikan target, kontingen biliar Indonesia terus menjalani persiapan di komplek Gelora Bung Karno, Jakarta. Bahkan, semua atlet juga telah menjalani pemusatan latihan serta uji coba internasional diberbagai negara seperti Taiwan, Thailand, Tiongkok, Malaysia hingga Vietnam.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015