Paris (ANTARA News) - Maria Sharapova kembali ke jenis lapangan kesukaannya dan cinta Andy Murray pada permukaan tanah liat makin bertambah ketika kedua petenis itu menang mudah di putaran pertama Prancis Terbuka, Senin (25/5).

Meski kurang bugar, juara bertahan Sharapova mampu mengalahkan petenis Estonia Kaia Kanepi 6-2, 6-4 di Lapangan Phillipe Chatrier untuk meraih gelar Roland Garros ketiga dalam empat tahun.

Sementara unggulan ketiga kategori putra Murray menambah catatan kemenangannya di lapangan tanah liat  merah menjadi 11 dengan menaklukkan petenis Argentina Facundo Arguello 6-3, 6-3, 6-1, dan mempertahankan posisi tidak terkalahkannya sejak menikahi teman lamanya Kim Sears.

Sharapova, yang menjadi juara pada 2012 dan runner up pada 2013 memperlihatkan permainan tenis penuh tenaga untuk melaju ke putaran kedua meski kurang begitu menyukai jenis lapangan seperti itu pada awal karirnya.

Sharapova sedikit dicemooh setelah menolak diwawancarai di pinggir lapangan.

"Kecuali saya benar-benar berada dalam peti jenazah, saya akan absen dari sini," katanya.

Sharapova sakit sepekan sebelum turnamen namun mengaku bisa mengatasi masalah itu saat bertanding.

"Saya dapat mengatasinya, mudah-mudahan ini segera lewat," katanya seperti dilansir kantor berita Reuters.


Kuda hitam

Sharapova, petenis peringkat dua dunia, berada di sisi undian yang lain dari rival lamanya, unggulan teratas Serena Williams, dan perlu tampil 100 persen untuk membuka jalannya ke final.

Samantha Stosur, yang menang mudah atas petenis Amerika Serikat Madison Brengle, berpeluang menunggunya di putaran ketiga.

Unggulan kedelapan Carla Suarez Navarro asal Spanyol, yang disebut-sebut sebagai kuda hitam untuk meraih gelar, merupakan calon lawannya di perempat final. Suarez Navarro mengalahkan Monica Niculescu asal Romania dengan skor 6-2, 6-2.

Sementara Agnieszka Radwanska, mantan petenis peringkat dua dunia, makin merosot penampilannya. Ia kalah 2-6, 6-3, 1-6 dari Annika Beck asal Jerman.

Venus Williams, unggulan ke-15 dari Amerika Serikat, juga kalah. Rekan senegaranya Sloane Stephens menundukannya (5)6-7, 1-6.

Di kategori putra, Feliciano Lopez asal Spanyol, unggulan ke-11 , sejauh ini menjadi sosok terbesar yang menjadi korban, kalah 3-6, (9)-7, 3-6 dari petenis Rusia Teymuraz Gabashvili.

Murray bergabung di putaran kedua dengan unggulan keempat Tomas Berdych, yang mengalahkan Yoshihito Nishioka dengan skor 6-0, 7-5, 6-3.

Juara sembilan kali Rafa Nadal dan unggulan teratas Novak Djokovic baru akan bermain pada Selasa. (Uu.H-RF)


Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015