Jakarta (ANTARA News) - Setelah meluncurkan Samsung Z1, smartphone pertama dengan sistem operasi Tizen, Samsung dikabarkan akan menghadirkan samrtphone Tizen berikutnya.

Tidak seperti pendahulunya, Z1, ponsel low-end dengan harga 100 dolar AS, handset baru dengan sistem operasi buatan Samsung tersebut akan menghadirkan fitur yang lebih menarik.

Dikutip dari Phone Arena, smartphone asal Korea Selatan yang diberi nama Samsung Z LTE itu akan menawarkan konektivitas 4G, layar 540 x 960 piksel, RAM 1 GB, dan baterai 2000 mAh.

Dari segi penampilan Samsung Z LTE terlihat mirip dengan Samsung Z2. Namun hingga saat ini belum diketahui kapan dan untuk pasar mana kedua perangkat tersebut akan diluncurkan.

Samsung menciptakan sistem operasi Tizen dalam upaya mengurangi ketergantungan pada Android buatan Google.

Sistem operasi Tizen adalah bagian kunci dari kampanye Samsung guna menguasai pasar software dan layanan mobile, sebagai penyangga untuk dominasinya pada produk-produk perangkat keras.

Samsung menyatakan Tizen tidak hanya platform untuk ponsel, namun juga segala perangkat. Bulan lalu Samsung meluncurkan Samsung SUHD TV yang dilengkapi dengan platform Tizen.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015