Gresik (ANTARA News) - Dua pelajar dari Kabupaten Gresik, Jawa Timur meraih prestasi dalam kejuaraan nasional Olimpiade bidang Astronomi serta kejuaraan Geografi dan Geosains yang berlangsung di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Wakil Bupati Gresik, Mohammad Qosim, Selasa mengaku memberikan apresiasi langsung kepada dua pelajar, yakni Fian Ilham Pratama dan Safira Salsabillah yang merupakan siswa kelas XI IPA 8 SMA Negeri I Gresik.

"Atas nama masyarakat Gresik, kami banyak menyampaikan terima kasih atas prestasi anda semua. Semoga prestasi ini bisa diikuti siswa yang lain, sehingga Gresik bisa menjadi lebih baik," ucapnya di Gresik.

Ia mengatakan, tantangan ke depan bagi pelajar sangatlah berat, sebab akan menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA) 2015, sehingga akan bersaing dengan seluruh masyarakat Asia.

"Oleh karena itu, para siswa harus bisa bersaing, dan jangan hanya menjadi sebagai rakyat biasa, dan ke depan anda semua ini harus jadi pemimpin," katanya.

Sementara itu, Fian Ilham Pratama mengaku bangga, sebab sebelumnya hanya mampu meraih juara III Olimpiade Astronomi tingkat Kabupaten Gresik.

"Ini prestasi terbaik saya, saya sangat senang karena hadiah pada olimpiade Nasional merupakan jaminan untuk melanjutkan pendidikan S1 dan S2 di dalam negeri maupun di luar negeri. Setidaknya saya sudah bisa meringankan biaya yang dikeluarkan orang tua," katanya.

Sementara itu, dalam olimpiade tersebut Fian Ilham Pratama berprestasi sebagai juara dua dan mendapat medali Perak, sedangkan Safira Salsabillah mendapat medali perunggu.

Selain medali, keduanya juga mendapat uang pembinaan dari pemerintah pusat dan memperoleh kesempatan mendapat beasiswa melanjutkan pendidikan S1 dan S2 gratis, di dalam atau di luar negeri.

Pewarta: Abdul Malik Ibrahim
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015