Jakarta (ANTARA News) - Microsoft resmi mengumumkan bahwa asisten suara Cortana tidak lagi eksklusif di Windows, namun akan hadir pula di sistem operasi iOS dan Android.

Corporate Vice President, Operating Systems Microsoft Redmond Joe Belfiore mengungkap hal tersebut dalam postingan video promo terbaru.

Cortana disebut sebagai "aplikasi pendamping ponsel" yang berfungsi sama seperti Siri milik Apple dan Google Now milik Google yang keduanya masing-masing merupakan bagian integral dari iOS dan Android.

Cortana akan membawa sebagian besar fungsinya untuk iOS dan Android, sama seperti yang ditawarkan kepada pengguna Windows Phone.

Namun, fungsi Cortana diperkirakan tidak leluasa berjalan karena fakta bahwa platform tersebut akan menjadi aplikasi mandiri dan tidak dimasukkan ke dalam kedua sistem operasi tersebut.

Pengguna iOS dan Android akan mendapatkan keuntungan dari fitur-fitur Cortana antara lain pengingat jadwal dan lokasi.

Lebih dari itu, pengguna iOS dan Android akan dengan mudah berinteraksi lintas platform dengan aplikasi milik Microsoft lainnya, seperti OneNote dan OneDrive.

Selain hadir di iOS dan Android, Cortana juga akan hadir di Windows 10 PC pada akhir tahun ini, yang akan membuatnya benar-benar menjadi asisten suara digital cross-platform.

Meski demikan, Microsoft belum mengungkap tanggal rilis Cortana di App Store dan Play Store, namun diperkirakan akan bertepatan dengan peluncuran resmi Windows 10 untuk ponsel akhir tahun ini, demikian Phone Arena.


Pewarta: Arindra Moedia
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015