Google sangat senang bisa mengadakan program ini untuk kedua kalinya dan kami berharap akan lebih banyak pelaku bisnis lokal bisa hadir tahun ini,"
Makassar (ANTARA News) - Perwakilan Google Indonesia mengelar pelatihan bagi pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) melalui program Gapura bertujuan mengajari serta mendalami pengetahuan seputar teknologi dan potensinya dalam membangun usaha di dunia maya.

"Google sangat senang bisa mengadakan program ini untuk kedua kalinya dan kami berharap akan lebih banyak pelaku bisnis lokal bisa hadir tahun ini," kata Head of Public Policy and Government Relations di Indonesia, Shinto Nugroho di Makassar, Selasa.

Disela kegiatan tersebut diruang Balai Kota Makassar, Shinto mengatakan, program Gapura terlaksana merupakan inisiatif Google bersama dengan Kementerian Koperasi dan UKM, pemerintah lokal setempat, idEA, dan SMESCO

Program ini di laksanakan di lima kota Indonesia, Jakarta 28 Maret, selanjutnya Bandung 11 April disusul Surabaya 18 April kemudian Denpasar 9 Mei dan terakhir Makassar 26 Mei 2015.

"Ini adalah kesempatan besar bagi pemilik bisnis kecil dan menengah untuk mencari tahu informasi penting yang dapat membantu bisnis mereka terus berkembang," ujarnya.

Berdasarkan data riset dari Access Markets International (AMI) pada 2013, ada 55,2 juta UKM di Indonesia, namun hanya 75 ribu UKM yang memanfaatkan Internet. Padahal, 4,6 juta pengguna Internet di Indonesia aktif melakukan transaksi belanja melalui internet.

Alasan tersebut kemudian Google memprakarsai Gapura untuk dapat membantu memberikan edukasi gratis kepada UKM di Indonesia untuk bisa memanfaatkan momentum teknologi yang terus akan berkembang.

Salah satu materi yang diberikan adalah membangun kehadiran bisnis di dunia maya melalui web site, handphone mobile, dan aplikasi lainnya.

Sementara Konjen Amerika Serikat, Joaquin F Monserrate pada kesempatan itu mengatakan, UKM merupakan salah satu pilar ekonomi Indonesia bahkan di Amerika yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam menjamin peningkatan kesejahteraan, inovasi dan akses ekonomi untuk masyarakat menengah atas.

"Google, Konjen AS Surabaya, Kota Makassar dan mitra lain yang terlibat bangga bisa bekerja sama membantu usaha kecil dan menengah untuk meningkatkan daya saing dan peluang," paparnya.

Sedangkan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengatakan, saat ini ekonomi Kota Makassar di atas sembilan persen jauh dari daerah lainnya bahkan mengalahkan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Unttuk itu dengan kehadiran program Gapura Dari Google akan menambah pengetahuan teknologi bagi UKM.

"Dengan pelatihan ini tentunya sangat positif dan membantu masyarakat dalam memberikan pengetahuan berbisnis di internet. Selain itu Kartu Smart City yang mulai diberlakukan di Makassar akan sangat membantu dalam hal transaksi keuangan perbankan bagi pelaku UKM," harapnya.

Pewarta: Darwin Fatir
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015