Masih ada beberapa kawasan yang terendam banjir di Houston."
Houston (ANTARA News) - Hujan lebat telah merenggut sedikitnya delapan jiwa di Texas dan Oklahoma, termasuk dua orang di Houston tempat banjir mengubah jalan-jalan raya menjadi sungai.

Bencana itu juga mendorong hampir 1.000 permintaan bantuan melalui telepon di kota terpadat keempat di Amerika Serikat itu, kata beberapa pejabat pada Selasa, lapor Reuters.

Sebanyak 12 orang lainnya hilang di Texas setelah badai melanda negara-negara bagian itu selama akhir pekan, menyebabkan banjir dan tornado yang menghancurkan rumah-rumah dan menyapu jembatan-jembatan.

"Masih ada beberapa kawasan yang terendam banjir di Houston," kata Walikota Annise Parker dalam jumpa pers, dengan menambahkan ia telah meminta gubernur di negara bagian itu untuk memberlakukan kota tersebut sebabgai kawasan bencana.

Ia mengatakan sebagian besar Houston berdataran tinggi dan kering tetapi menyarankan warga untuk tetap tinggal di rumah.

Presiden Barack Obama mengatakan pada Selasa ia telah menjamin Gubernur Texas Greg Abbott akan memberikan bantuan dari pemerintah federal sementara banjir di negara bagian itu teratasi. Abbott telah menyatakan negara bagian itu dalam status bencana di 24 kawasan di Texas.

Sejauh ini belum ada angka perkiraan kerusakan akibat banjir dan bencana alam di negara bagian itu yang memiliki ekeonomi setahun senilai 1,4 triliun dolar dan merupakan sumber utama energi dan juga kekuatan manufaktur dan pertanian di AS.

Dinas Cuaca Nasional memperkirakan cuaca buruk lagi dengan mengeluarkan peringatan banjir bandang pada Selasa bagi Houston karena badai bergerak di sepanjang pesisir Teluk Meksiko menuju Florida. Dikatakan peluang hujan dan badai akan tinggi bagi Texas pekan ini.

Para pekerja pertolongan mencari 12 anggota dari dua keluarga yang hilang setelah rumah untuk liburan mereka diterjanjang banjir di Wemberley, kota sekitar 30 mil baratadaya Austin, tempat air banjir menimbulkan kerusakan.

"(Orang-orang) kehilangan rumah, mereka kehilangan mata pencaharian," kata Walikota Wimberley Steve Thurber.

Salah seorang yang meninggal ialah seorang anak perempuan berusia 18 tahun yang mobilnya tersapu air banjir ketika ia pulang dari acaara di sekolahnya, kata polisi di Devine, Texas, selatan San Antonio.

Lebih 40 penerbangan dibatalkan mulai 10 waktu setempat di pelabuhan udara Gouston dan Dallas, beberapa bandara tersibuk di AS, sementara para pekerja mengalami kesulitan untuk bekerja karena jalan-jalan terhalang berbagai barang yang terbawa arus air banjir. Pengelola bandara Dallas/Fort Worth International menutup landasan pacu karena ada lubang.

(Uu.M016)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015