Kuala Lumpur (ANTARA News) - Radio Republik Indonesia (RRI) bisa didengarkan dari seluruh penjuru dunia melalui Android.

"RRI juga bisa didengarkan di seluruh dunia dengan Android. Pengguna bisa mendownload RRI Play melalui aplikasi Google play store atau Apple play store," kata Direktur Utama Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI), Rosarita Niken Widiastuti di Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu.

Niken menjelaskan ada 170 lebih pilihan siaran RRI di seluruh Indonesia seperti di Boven Digul, Ende, Entikong hingga di kota-kota besar.

RRI juga punya saluran khusus musik klasik, keroncong, jazz dan lainnya. Bahkan kini, RRI juga punya "radio picture" atau radio bergambar seperti televisi.

"Kita punya lima saluran radio bergambar. Itu bisa diakses dengan mudah, " ucapnya.

Selain itu, RRI juga punya komunitas pendengar yang luar biasa di luar negeri seperti para Tenaga Kerja Indonesia (TKI), Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) , Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (I4).

"Komunitas tersebut sudah bekerja sama dengan RRI. Selain mengisi siaran seminggu sekali, mereka juga senantiasa mendengarkan berita-berita mengenai Tanah Air yang disiarkan oleh RRI," ucapnya.

Sementara itu, radio milik negara ini terus memperkuat penyiarannya ke mancanegara melalui serangkaian kerja sama dengan lembaga penyiaran di banyak negara yang tergabung dalam Asia-Pacific Institute for Broadcasting Development (AIBD).

Niken yang juga merupakan President of AIBD General Conference mengatakan di Asia Media Summit masing-masing lembaga penyiaran atau media saling berdiskusi.

Acara Asia Media Summit juga dihadiri Sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Ban Ki-moon dan Menteri Komunikasi dan Multimedia Malaysia, YB Dato Sri Ahmad Shabery Cheek serta Duta Besar RI Untuk Malaysia, Herman Prayitno dan sejumlah perwakilan negara sahabat lainnya.

Pewarta: N. Aulia Badar
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015