Pangkal Pinang (ANTARA News) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menegaskan siap  bertanggungjawab jika Indonesia benar-benar mendapatkan sanksi tegas dari federasi sepak bola dunia atau FIFA.

"Imam Nahrawi akan bertanggungjawab apapun itu sanksinya. Tapi saya yakin Indonesia tidak akan mendapatkan sanksi," katanya di sela kunjungannya ke Pangkal Pinang, Bangka Belitung, Rabu.

Menurut dia, FIFA yang saat ini mempersiapkan kongres untuk pemilihan ketua baru juga menjadi sorotan dunia setelah ada beberapa petinggi yang ditangkap oleh aparat keamanan di Swiss karena ada dugaan korupsi yang berlangsung cukup lama.

Diberitakan oleh beberapa media, sedikitnya ada enam pejabat tinggi FIFA yang ditangkap di antaranya wakil presiden serta presiden CONCACAF atau presiden federasi sepak bola Amerika Utara, Tengah dan Karibia. Pejabat yang ditangkap selanjutnya akan diekstradisi ke Amerika Serikat.

"Berarti di situ ada masalah. Karena itu rakyat jangan takut dan tak usah gentar. Kalau selama ini mengagung-agungkan mereka sesungguhnya saat ini ada masalah yang sangat besar," katanya menambahkan.

Politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa itu menegaskan, sebagai bangsa besar pihaknya mengajak masyarakat Indonesia untuk tidak takut. Karena apa yang dilakukan oleh pemerintah saat ini adalah demi perbaikan persepakbolaan nasional.

Demi memajukan sepak bola nasional pihaknya telah menyiapkan konsep yang dinilai tepat dikembangkan di Indonesia termasuk akan memperkuat Pusat Pendidikan Latihan Pelajar (PPLP) yang saat ini sudah tersebar diseluruh Indonesia.

Demi mengasah kemampuan pemain yang selama ini belajar di PPLP, Kemenpora secara rutin menggelar kejurnas. Untuk tahun ini, kejurnas PPLP digelar di Pangkal Pinang. Ada 15 PPLP/PPLD dan SKO yang turun. Selain itu ada perwakilan dari Pertamina Soccer School.

"Kami juga akan kembali menggulirkan Galadesa dan perserikat. Tentu dengan pengelolaan yang mendukung pelaksanaannya jauh lebih baik," kata pria yang akrab dipanggil Cak Imam itu.

Selama kunjungan kerja di Pangkal Pinang, Menpora Imam Nahrawi melakukan kunjungan ke beberapa tempat seperti sport center, asrama PPLP Bangka Belitung, audiensi dengan tokoh pemuda, DPRD, KONI dan tokoh olahraga setempat.

Selain itu, Menpora Imam Nahrawi dan rombongan juga melihat langsung pertandingan Kejurnas PPLP 2015 di Stadion Depati Amir, Pangkal Pinang.015 15:04:40

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015