Jakarta (ANTARA News) - Presiden Republik Indonesia ketiga sekaligus politisi senior Partai Golkar BJ Habibie berpesan agar partai beringin memastikan diri mengikuti Pilkada serentak.

Hal itu disampaikan Habibie dalam pertemuan tertutup dirinya dengan perwakilan dua kubu partai beringin yang berseteru, Rabu.

"Beliau (Habibie) memberikan masukan dan saran kepada kita, jangan sampai Partai Golkar tidak ikut Pilkada. Itu intinya," ujar Sekjen DPP Golkar hasil Munas Jakarta, Zainudin Amali yang hadir dalam pertemuan dengan Habibie di Jakarta.

Amali menyampaikan Habibie menyerahkan teknis keikutsertaan Golkar dalam pilkada kepada kedua kubu yang kini tengah mengupayakan islah terbatas.

"Soal bagaimana teknisnya, beliau mempersilakan kami berdialog. Jalan keluarnya menurut beliau Golkar harus satu, tidak ada kubu ini, kubu itu," jelas dia.

Habibie menurut Amali, menginginkan upaya islah terbatas atau kerja sama demi pilkada diatur dengan baik, dengan tidak mengabaikan kepentingan pilkada.

Dalam pertemuan yang kabarnya berlangsung dua jam itu, kubu Aburizal Bakrie diwakilkan Idrus Marham, MS Hidayat, dan Theo L. Sambuaga, sedangkan kubu Agung Laksono hanya diwakilkan oleh Zainudin Amali sendiri.

"Pembicaraannyaa santai sekali, sambil makan, dan mendengarkan cerita pak Habibie," jelas Amali.

Partai Golkar sejauh ini tengah mengupayakan terciptanya kesepakatan islah terbatas, atau kerja sama dua kepengurusan Golkar dalam mengikuti pilkada serentak, dengan dimediasi Wakil Presiden RI yang juga politisi senior partai beringin Jusuf Kalla.

Pada Rabu petang, kubu Agung Laksono dijadwalkan menggelar rapat pleno di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, guna membahas tindak lanjut pertemuan petinggi DPP dengan Wapres JK.

Sedangkan kubu Aburizal Bakrie pada saat bersamaan dikabarkan menggelar konferensi pers di Kantor DPD Golkar DKI Jakarta, untuk menyikapi dinamika partai yang tengah berlangsung.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015