Jakarta (ANTARA News) - Wartawan The Guardian Owen Gibson berada di luar Bauer au Lac, hotel dari mana para pejabat puncak sepak bola dan FIFA diringkus oleh polisi Swiss, pagi-pagi sekali di kota Zurich itu.

Hari ini adalah akhir dari hari-hari para eksekutif FIFA yang telah lama ditakuti. Dunia mewah nan nyaman yang mereka nikmati selama berdekade-dekade, sejak 17 tahun lalu ketika Sepp Blatter menjadi presiden badan sepak bola dunia itu menggantikan era Joao Havelange, kini hancur berantakan.

Ini adalah perlambang bahwa penangkapan para pejabat puncak FIFA di lobi hotel Bauer au Lac yang bertahun-tahun telah menjadi tempat bermanja-manja dan persinggahan pilihan bagi kelas istimewa berisi nakhoda-nakhoda sepak bola dunia ini.

Biro Penyelidikan Federal AS (FBI) telah menyelidiki FIFA paling tidak selama tiga tahun.

Penyelidikannya berpusat pada tokoh-tokoh seperti Jack Warner dan Ricardo Teixeira.  Sedangkan Chuck Blazer, mantan sekretaris jenderal Concacaf (Konfederasi Asosiasi Sepak Bola Amerika Utara, Tengah dan Karibia) memilih bekerjasama dengan penyidik setelah diancam akan diadili atas tuduhan mengemplang pajak dalam jumlah luar biasa besar.

Rumor-rumor yang kini berseliweran di luar hotal itu menyebut penangkapan itu terutama menyasar para pejabat kawasan Concacaf yang pernah dipimpin Warner itu.

Kejaksaan Agung Swiss menyatakan enam pejabat sepak bola ditangkap dan ditahan menunggu diekstradisi atas permintaan pihak berwenang AS menjelang Kongres FIFA (yang antara lain akan memilih presiden baru FIFA) di Zurich.

Dalam pernyataannya hari ini, Kejaksaan Agung Swiss mengungkapkan pihak berwenang AS menduga para pejabat ini telah menerima atau membayar suap jutaan dolar AS.

Kantor Kejaksaan Distrik New York Timur di AS tengah menyelidiki orang-orang itu atas dugaan menerima suap dan kickback (uang pelicin) antara awal 1990-an sampai sekarang.

FIFA, badan organisasi sepak bola dunia, akan menggelar pemilihan presidennya di Zurich Jumat lusa yang luas diyakini bakal dimenangkan Sepp Blatter.

Pihak berwenang Swiss memang tidak mengungkapkan enam pejabat puncak sepak bola dan FIFA yang ditangkap polisi Swiss tersebut, namun di antara yang ditangkap pagi-pagi itu adalah Jeffrey Webb, Wakil Presiden FIFA yang juga Presiden Concacaf yang sebelumnya dijabat Jack Warner.

sumber: The Guardian


Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015