Warsawa (ANTARA News) - Ketua UEFA Michel Platini mengatakan bahwa komite eksekutif organisasi badan sepak bola Eropa itu akan bertemu Rabu sore waktu setempat atau Rabu malam WIB ini berkaitan dengan tuduhan korupsi terhadap sejumlah pejabat puncak FIFA.

Sementara itu Kejaksaan Agung Swiss (FOJ) menyatakan telah memblokir sejumlah rekening pada beberapa bank di Swiss setelah polisi menahan sejumlah orang kuat yang mengelola sepak bola dunia itu karena kasus korupsi di AS dan Swiss.

"Komite eksekutif kami bertemu sore ini dan besok akan ada pertemuan seluruh asosiasi (sepak bola) nasional. Oleh karena itu tidak ada hal yang dikatakan sampai esok pagi atau malam ini," kata Platini kepada AFP.

Sedangkan FOJ akan memenuhi salah satu permintaan lainnya dari pihak berwenang AS mengenai pemblokiran beberapa rekening bank.

"Lebih jauh untuk tiga permintaan AS bagi bantuan hukum, FOJ juga telah memerintahkan pemblokiran rekening-rekening pada beberapa bank di Swiss melalui mana suap diklaim mengalir, selain juga penyitaan dokumen-dokumen bank terkait," kata FOJ.

Lebih jauh FOJ mengatakan, seorang pejabat sepak bola lainnya telah ditangkap atas permintaan AS. Dengan demikian, nama-nama pejabat teras FIFA yang sudah ditangkap adalah Eugenio Figueredo, Eduardo Li, Jose Maria Marin, Julio Rocha, Costas Takkas, Jeffrey Webb, dan Rafael Esquivel.

Ketujuh orang ini saat ini ditahan untuk menunggu ekstradisi (ke Amerika Serikat), demikian AFP.




Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015