Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi IX DPR RI, Roberth Rouw meminta Dirut Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Dr Fachmi Idris agar turun langsung ke daerah-daerah alias blusukan untuk melihat kondisi langsung pelayanan yang di lakukan oleh BPJS Kesehatan di daerah.

"Saya minta Direktur BPJS turun langsung ke daerah-daerah tanpa sepengetahuan staf di daerah. Benar atau tidak laporan-laporan ini. Karena masih banyak masyarakat terlantar disana. Bahkan di depan mata kita di Jakarta, ibu kota negara ini masih banyak terjadi penelantaran terhadap masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan dengan baik," kata Roberth saat RDP Komisi IX dengan BPJS Kesehatan di Gedung DPR RI, Rabu.

Roberth menyebutkan, apa yang dilaporkan oleh Dirut BPJS Kesehatan kepada Komisi IX DPR RI bahwa masalah pelayanan BPJS sudh bagus di daerah-daerah hanya bersifat ABS saja alias Asal Bapak Senang. Padahal, kondisi pelayanan kesehatan dibawah tanggung jawab BPJS Kesehatan hingga saat ini masih sangat buruk.

"Kami baru saja pulang reses dari daerah-daerah kami. Yang ingin saya sampaikan bahwa apa yang bapak sampaikan ini adalah laporan-laporan yang bapak dapat dari anggota-anggota bapak atau staf-staf bapak di daerah yang menurut saya itu adalah laporan ABS (asal bapak senang) maka bapak laporkan juga ke kami asal dewan senang, jadi begitu terlihat baik laporannya," kata anggota DPR RI dari Partai Gerindra itu.

Bahkan, lanjut Roberth, saat dirinya melakukan kunjungan ke daerah pemilihannya di Papua khususnya di Kabupaten Mamberamo Raya, pelayanan BPJS Kesehatan tidak bisa diberikan meskipun kartu BPJS Kesehatan sudah diberikan ke masyarakat. Alasannya, Rumah Sakit yang ada di Kabupaten Mamberamo Raya masih tipe bergerak.

"Jadi sangat lucu, kartu BPJS dibagikan ke masyarakat, tapi masyarakat tidak bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dengan alasan karena tipe rumah sakit kami masih tipe rumah sakit bergerak," ungkapnya.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015