Jakarta (ANTARA News) - Golden State Warriors menyudahi final playoff NBA Wilayah Barat dengan 4-1 setelah pada Game 5 di Oakland, California, dengan menghempaskan tamunya Houston Rockets 104-90 sehingga menjuarai Wilayah Barat dan sekaligus maju ke Final NBA menghadapi Cleveland Cavaliers yang sudah lebih dulu lolos sehari sebelumnya.

Setelah berharap dan menunggu selama satu generasi, Warriors akhirnya mencapai final bola basket NBA.

Stephen Curry mempersembahkan 26 poin dan delapan rebound, sedangkan Harrison Barnes menambahkan 24 poin untuk Warriors yang maju ke Final NBA untuk pertama kali dalam 40 tahun terakhir.

"Mengapa bukan kami?" kata Curry kepada para penggemar berkostum kuning-emas setelah Warriors menerima trofi juara Wilayah Barat dari Alvin Attles, pelatih tim terakhir yang mempersembahkan gelar juara kepada Warriors pada 1975.

"Kami pantas berpesta malam ini namun kami masih punya urusan yang belum selesai," sambung guard Klay Thompson.

Sementara itu kelima starter Houston mencetak paling sedikit 10 poin.  Tetapi bagi James Harden, ini adalah final yang tak terlupakan karena dia melakukan 13 kali salah umpan, dan hanya mencetak 14 poin serta cuma berhasil pada dua dari total 11 tembakan non lemparan bebas.

Dwight Howard-lah yang memimpin Rockets dengan 18 poin dan 16 rebound.

Sebaliknya Curry yang sempat ditarik ke luar lapangan beberapa menit karena cedera pada Game 4 dua hari lalu, kembali instrumental bagi Warriors.

Pada paruh kedua dia berhasil membawa timnya unggul 52-46, namun dia sempat khawatir karena Thompson sempat keluar lapangan karena cedera.

Tetapi Barnes membuat langkah menentukan lewat satu dunk yang membawa Warriors unggul 87-72 pada 7 menit 10 detik terakhir.  Setelah itu Warriors melangkah nyaman tanpa bisa disusul Rockets, demikian laman resmi NBA.




Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015