Jakarta (ANTARA News) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengajak masyarakat membentuk konglomerat Indonesia dengan membangun  BUMN yang profesional dan dapat berkembang secara internasional.

Dalam Memorandum of Understanding (MoU) sejumlah BUMN di Jakarta, Kamis, dia mengatakan demi mendorong BUMN menjadi konglomerat, perlu sinergi kuat untuk membangun negeri bersama-sama.

"Dengan sinergi, bukan hanya dapat beroperasi secara besar-besaran di Indonesia tapi juga beroperasi besar-besaran secara internasional," ujar dia.

Dia juga mengatakan dalam mengelola modal negara, manajemen BUMN dituntut profesional dan bersinergi membangun bangsa.

"BUMN itu adalah perusahaan yang dikelola secara profesional tapi modalnya negara yaitu modal rakyat yang artinya manajemen BUMN dituntut profesional tapi dituntut pula untuk memikirkan bangsa dan negara sehingga sekarang kita harapkan sinergi BUMN untuk membangun negeri," kata dia.

Ia mengatakan membangun negeri menjadi keutamaan BUMN sebagai agen pembangunan.  BUMN sendiri, kata Rini, adalah satu dari tangan dalam membangun negara, selain Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Rini mengingatkan, tantangan ke depan yang dihadapi BUMN akan makin berat namun itu juga menjadi peluang untuk menunjukkan kepada bangsa bahwa BUMN membanggakan dan berperan membangun bangsa.



Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015