Malang (ANTARA News) - Operator seluler PT XL Axiata Tbk memperkirakan pada saat Ramadan-Lebaran 2015 trafik layanan komunikasi data melonjak sekitar 20-30 persen dibanding hari biasa, disusul layanan SMS naik 10-15 persen dan kenaikan layanan suara 5-10 persen.

"Kenaikan trafik layanan data seiring perubahan perilaku pelanggan yang semakin aktif menggunakan aplikasi sosial media, baik di kota besar maupun berbagai pelosok daerah lainnya," kata Direktur Service Management XL, Ongki Kurniawan, melalui video conference hasil uji jaringan yang digelar di lima wilayah operasi XL, di Malang, Kamis.

Uji coba jaringan tersebut juga melibatkan sekitar 120 jurnalis dan blogger yang digelar di sepanjang jalur Bukit Tinggi-Padang, selanjutnya Surabaya-Madura-Malang, Solo-Semarang, Jakarta-Merak-Bakauheni-Lampung, dan di Banjarmasin-Martapura.

"XL melakukan uji jaringan untuk memastikan bahwa jaringan kami siap melayani komunikasi suara, SMS, maupun juga Data," ujar Ongki.

Ia menambahkan, saat ini XL sehari-hari melayani trafik data sebesar 500 Terabytes/hari, trafik percakapan hingga 470 juta menit/hari, sementara untuk trafik SMS adalah 525 juta SMS/hari.

"Kenaikan trafik relatif merata di berbagai kota seluruh Jawa. Sementara di luar Jawa, kenaikan trafik yang signifikan biasanya terjadi di Lampung, Sumatera Barat, dan Bangka, dengan rata-rata kenaikan sebesar 13 persen," kata Ongki.

Ia menjelaskan, Ramadan dan Lebaran juga identik dengan aktivitas perjalanan pulang kampung.

Untuk itu XL menyiapkan jaringan sedemikian rupa agar pelanggan yang melakukan perjalanan mudik tetap bisa mendapatkan kualitas jaringan yang baik.

Secara umum, XL telah melakukan penambahan kapasitas, optimasi jaringan, melakukan uji jaringan dan penyediaan fasilitas mobile BTS (MBTS) di 25 titik, baik di jalur mudik, terminal, maupun pusat-pusat keramaian.

XL juga akan mempersiapkan petugas teknis untuk siaga selama Ramadan dan Lebaran baik di kantor pusat maupun di lapangan.

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015