Chicago (ANTARA News) - Tom Thibodeau dipecat dari jabatan pelatih Chicago Bulls, Kamis waktu setempat, karena tidak berhasil pada playoff.

Thibodeau memiliki catatan menang-kalah 255-139 selama menjabat pelatih, mengantarkan Bulls menjadi juara Divisi Tengah pada 2010-11 dan 2011-12. Namun karena cedera menimpa bintang mereka Derrick Rose, Bulls hanya bercatatan 23-28 selama playoff.

"Ketika Tom dikontrak pada 2010, dia memang tepat untuk tim kami dan sistem saat itu, dan selama lima tahun terkahir kami merengkuh beberapa keberhasilan dengan Tom sebagai pelatih kepala," kata GM Bulls Gar Forman.

"Namun ketika kami menatap ke depan dan mengevaluasi seperti apa kami sebagai tim dan organisasi bisa terus tumbuh dan berkembang, maka kami yakin perubahan pendekatan memang dibutuhkan."

Thibodeau (57) dinobatkan sebagai pelatih terbaik NBA pada 2011 ketika dia menyamai gelar pelatih baru terbaik NBA dengan 62 kali menang.

Dia menjadi asisten pelatih ketika Boston Celtics menjadi juara NBA pada 2008, selain pernah menjadi asisten pelatih di San Antonio, Minnesota, Philadelphia, New York dan Houston selama 21 tahun sebelum untuk pertama kalinya menjadi pelatih dengan menukangi Bulls.

Thibodeau dan manajemen Bulls sudah lama tegang, namun ketika Bulls disingkirkan Cleveland pada semifinal playoff Wilayah Timur belum lama bulan ini dia tak bisa ditoleransi oleh manajemen, demikian AFP.



Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015