ccc Jakarta (ANTARA News) - Setelah tiga tahun tidak mengeluarkan karya, Andrea Hirata kembali hadir dengan karya terbarunya berjudul "Ayah".

"Ayah" adalah karya pertama setelah Andrea Hirata kembali dari International Writing Program 2010 di IOWA University yang merupakan beasiswa menulis yang diberikan oleh Kedutaan besar Amerika Serikat bagi para penulis terpilih.

Peluncuran novel "Ayah" diadakan di Gramedia Matraman pada Jumat dan dihadiri puluhan penggemar karya tulis pria yang terlahir dengan nama Aqil Barraq Badruddin Seman Said Harun itu.

Novel tersebut merupakan karya ke-9 Andrea Hirata yang dilakukan bertepatan dengan 10 tahun Andrea Hirata berkarya di dunia tulis menulis. Peluncuran buku juga dimeriahkan dengan penampilan Meda yang membawakan lagu "Ayah" yang terinspirasi dari kisah dari novel tersebut.

Novel setebal 432 halaman itu bercerita tentang kasih seorang ayah bernama Sabari kepada anaknya Zorro. Kisah hangat tersebut masih dibalut latar belakang budaya Melayu yang khas dan tutur bahasa yang santun.

Buku yang diterbitkan oleh Bentang Pustaka itu dijual dengan harga Rp74.000.

Andrea Hirata melejit dengan seri 'Laskar Pelangi' dan menjadi salah satu penulis yang merevolusi sastra Indonesia. Karya-karyanya antara lain: 'Laskar Pelangi' (2005), 'Sang Pemimpi' (2006), 'Edensor' (2007), 'Maryamah Karpov', 'Padang Budan dan Cinta di dalam Gelas' (2010), 'Sebelas Patriot' (2011), 'Laskar Pelangi Song Book' (2012).

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015