Banda Aceh (ANTARA News) - Umat Buddha Aceh turut melakukan penggalangan dana untuk membantu imigran Rohingya yang saat ini mengungsi di sejumlah daerah di Aceh.

"Bantuan ini sebagai wujud rasa kemanusiaan Umat Buddha Aceh terhadap beban imigran Rohingya," kata Pembimbing Masyarakat (Pembimas) Buddha Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Wisamada, di Banda Aceh, Jumat.

Menurut Wisawada, aksi penggalangan dana untuk muslim Rohingya dilakukan di sejumlah daerah, seperti di Kabupaten Aceh Tamiang, Kota Langsa, Kota Banda Aceh, dan lainnya.

Wisawada mengatakan umat Buddha Aceh bekerja sama dengan Front Pembela Islam menyerahkan bantuan untuk diberikan kepada pengungsi Rohingya.

"Bantuan kemanusiaan ini untuk meringankan beban pengungsi Rohingya. Kami akan terus menggalang bantuan untuk muslim Rohingya yang kini mengungsi di Aceh," kata dia.

Wisawada mengatakan, umat Buddha Aceh pada bulan Juli mendatang akan melakukan penggalangan dana untuk muslim Rohingya. Penggalangan dana tersebut akan melibatkan tokoh Buddha Aceh dan ribuan jemaat Buddha.

"Kami membantu bukan karena agama, tetapi sosial kemanusiaan. Dan siapa pun mereka tetap kami bantu," kata Wisawada.

Wisawada menyesalkan sikap Pemerintah Myanmar yang membuat muslim Rohingya terusir dari negaranya. Kondisi ini berbeda dengan yang terjadi di Aceh.

Umat Budha di Aceh merasa aman dan damai. Toleransi antarumat beragama sangat tinggi. Berbeda dengan daerah lain. Jangan sampai ada yang mengganggu toleransi ini, kata Wisawada.

"Untuk itu, kami mengimbau Pemerintah Myanmar melihat aspek kemanusiaannya. Kami meminta masalah Rohingya ini diselesaikan dengan baik," kata Wisawada.

Pewarta: M Haris SA
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015