Jakarta (ANTARA News) - Pebalap Pegasus Continental Cycling Team (PCT) Jakarta, Jamalidin Novardianto mempertahankan "white jersey" atau predikat pebalap tercepat usia di bawah 23 tahun setelah tampil apik pada etape pertama Tour de Kumano 2015, Jepang, Jumat.

"White Jersey" ini didapat oleh pebalap yang memperkuat timnas Indonesia pada SEA Games 2015 pada etape pendahuluan Tour de Kumano 2015, Kamis (28/5). Saat itu Jamalidin mampu masuk posisi sepuluh besar.

"Saya puas bisa mendapatkan "white jersey". Apalagi Tour de Kumano adalah tur pertama saya di Jepang. Pada etape tadi seluruh pebalap agresif untuk masuk rombongan depan," kata Jamalidin saat dikonfirmasi dari Jakarta.

Di etape pertama ini, sebenarnya Jamaludin Novardianto hanya finis diurutan ke-37. Namun, catatan waktunya belum tergoyahkan. Hasil terbaik pebalap Pegasus justru diraih oleh Rastra Patria Dinawan yang finis di urutan 10 dengan waktu 2 jam 35 menit 52 detik.

Satu-satunya tim kontinental asal Indonesia itu berangkat ke Jepang berkekuatan enam pebalap. Selain Jamalidin Novardianto ada nama Aiman Cahyadi, Robin Manullang, Agung Ali Sahbana dan Rastra Patria Dinawan.

Meski baru pertama kali turun di Jepang, tim yang baru saja menjadi tim terbaik Le Tour de Langkawi 2015 dan peringkat tiga Tour de Banyuwangi Ijen 2015 langsung menjadi perhatian. Terbukti, Pegasus langsung mematahkan dominasi pebalap tuan rumah.

Pada etape pendahuluan, Jamalidin mampu bermain cemerlang setelah membukukan catatan waktu 50,2 menit dalam menempuh jarak 0,7 km. Untuk pebalap terbaik pada etape pendahuluan ini adalah Neil van der Ploeg dengan catatan waktu 50 detik.

Hasil etape pendahuluan tersebut ternyata mampu menjadi pelecut oleh pebalap muda Indonesia untuk terus menunjukkan kemampuan terbaikknya. Terbukti, Jamalidin mampu mempertahanan "white jersey" Tour de Kumano 2015.

"Hasil hari ini cukup bagus. Apalagi Jamalidin mampu mempertahankan "white jersey". Jelas kami bangga dengan perjuangan anak-anak," kata perwakilan manajemen PCT, Fila Faliona saat dikonfirmasi dari Jakarta.

Menurut dia, hasil bagus di etape pertama Tour de Kumano 2015, diharapkan terus terbawa ke etape kedua Kumano Sangaku Circuit dengan jarak tempuh 109,30 km, Sabtu (30/5). Dietape ini Robin Manullang, Aiman Cahyadi dan Agung Ali Sahbana didorong untuk mengejar poin tim.

Dietape dua ini, kata dia, ada lintasan tanjakan. Untuk itu pihaknya menghimbau kepada semua pebalap untuk meraih hasil terbaik serta mengamankan "white jersey" yang saat ini dipegang oleh Jamalidin Novardianto.

Setelah etape dua berakhir, Jamaludin dan kawan selanjutnya menjalani etape ketiga atau terakhir di Taiji Hanto Circuit dengan jarak tempuh 100 km. 

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015