Jakarta (ANTARA News) - SAP SE telah meluncurkan Platform Cloud SAP HANA untuk Internet of Thing (IoT), layanan komprehensif baru hasil kolaborasinya dengan Siemen dan Intel.

Kolaborasi itu menambah mitra ekosistem SAP yang kuat, yang telah berkembang termasuk pengumuman baru-baru ini dengan Jasper, Accenture, dan T-Systems, menurut SAP dalam siaran persnya di Jakarta, Jumat.

"SAP membantu pelanggan menata kembali bisnis mereka dari operasi bisnis inti sampai dengan tepi jaringan dengan solusi Internet of Things yang memiliki portofolio paling komprehensif," kata Steve Lucas, President, Platform Solutions, SAP.

Dengan diluncurkannya Platform Cloud SAP HANA untuk Internet of Things, pelanggan dan mitra SAP sekarang dapat terhubung dengan aplikasi atau proses bisnis apa pun di perusahaan dan jaringan bisnis mereka.

"Hal ini akan mencapai keunggulan operasional dan memberikan pengalaman baru untuk pelanggan, produk, serta layanannya," kata Lucas.

Platform Cloud SAP HANA untuk IoT menyediakan infrastruktur yang memungkinkan bisnis dengan aman memasuki jutaan jaringan perangkat yang terhubung.

Dibangun pada data yang tersedia dan layanan aplikasi, meliputi analisa prediktif, telematika, geo-location, dan  lainnya, layanan IoT dari SAP ini kedepannym memungkinkan perangkat cloud memberikan nilai bisnis IoT lebih cepat: manajemen perangkat, pesan IoT dan pemberdayaan aplikasi IoT termasuk data modeling.

Layanan IoT dari SAP mendukung efisiensi biaya, pengembangan, deployment, dan operasi yang cepat dari solusi SAP untuk IoT. Deployment untuk private cloud bertujuan untuk memungkinkan pelanggan SAP dalam menjalankan perangkat cloud mereka atau mengoperasikan perangkat cloud untuk pelanggan mereka.

Untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam menyebarkan keunggulan aplikasi IoT, SAP akan mencakup akses waktu yang bebas dan tidak terbatas ke SAP® SQL Anywhere® Suite – database ringan untuk perangkat remote yang dapat digunakan dengan Platform Cloud SAP HANA terbaru untuk IoT.

SAP menawarkan portofolio aplikasi IoT seperti solusi SAP Connected Assets, termasuk edisi cloud dari solusi SAP Predictive Maintenance and Service, dan perangkat lunak SAP Connected Logistics, di antara yang lain yang memanfaatkan Platform Cloud SAP HANA untuk IoT.

“Internet of Things akan memungkinkan tahap keempat dari revolusi industri – Konsep Industry 4.0 – yang akan mentransformasikan cara perusahaan berinteraksi dengan pelanggan, pemasok, mitra, dan pengusaha.

Sementara tingkat interconnectivity antar-orang dan hal yang baru ini dapat menciptakan kesempatan bisnis yang belum pernah terjadi sebelumnya, hal ini juga dapat mengakibatkan kompleksitas bisnis yang lebih besar.

"SAP, yang telah menjalankan proses bisnis di lebih dari 25 industri, adalah satu-satunya perusahaan yang memiliki komponen untuk membuat IoT lebih sederhana untuk bisnis”, kata Simon Dale, General Manager, Innovation Sales, SAP Asia Pacific Japan.

Siemens telah memilih Platform Cloud SAP HANA untuk membangun Siemens Cloud for Industry powered by platform Cloud SAP HANA sebagai sebuah platform cloud terbuka untuk menganalisa besarnya datasets di industri.

Sementara bersama Intel, SAP berkolaborasi dalam menyederhanakan, mengamankan, dan mengukur IoT untuk perusahaan.

Solusi IoT SAP HANA dengan dukungan Intel tersebut memungkinkan untuk menyederhanakan deployment IoT end-to-end untuk perusahaan. Langkah pertama dalam kolaborasi ini adalah gabungan Proof of Concept (POC) untuk mengintegrasikan Intel® IoT Gateway dengan cloud SAP.

Pewarta: Suryanto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015