Jakarta (ANTARA News) - Konferensi developer I/O 2015 dimanfaatkan Google untuk mengupdate kemajuan Android Wear di mana Google mengklaim saat ini smartwatch Android memiliki ekosistem yang berkembang dengan lebih dari 4000 aplikasi khusus.

Dikutip dari GSM Arena, Google juga mengatakan bahwa sistem operasi Android saat ini jauh lebih cerdas dengan versi terbaru berbasis Lollipop.

Pembaruan OS tersebut memulai debutnya pada LG Watch Urbane, dan saat ini mulai menyebar ke perangkat lain yang kompatibel, membawa sebagian besar pengguna Android Wear untuk lebih up to date.

Salah satu fitur baru yang menarik di Android Wear 5.1.1 adalah penambahan kemampuan "always-on" pada aplikasi.

Hal tersebut memungkinkan pengembang untuk meninggalkan informasi tertentu di layar smartwatch pengguna bahkan ketika akan redup atau dimatikan, dan informasi tersebut akan muncul kembali ketika pengguna berinteraksi dengan smartwatch mereka.

Penambahan kemampuan tersebut juga membuka banyak kemungkinan baru untuk penggunaan smartwatch. Misalnya, pengguna dapat memantau kemajuan latihan olahraga mereka, memantau rute navigasi, atau bahkan memantau pengiriman pizza.

Update lainnya dari Android Wear adalah dalam hal kemudahan penggunaan dan peningkatan pengalaman pengguna "user experience" dengan penataan ulang antar muka pengguna "user interface".

Kini aplikasi ditata rapi bersama dengan fitur smartwatch lainnya. Notifikasi juga muncul secara transparan, tanpa mengganggu aplikasi yang sedang berjalan. Selain itu, aplikasi yang sering digunakan juga akan secara otomatis terdaftar dalam pilihan menu yang paling sering digunakan.

Gestures dalam Android Wear 5.1.1juga dibuat lebih intuitif dengan sensor onboard. Notifikasi dapat diketahui hanya dengan mengangkat pergelangan tangan ke atas dan ke bawah.

Android Wear saat ini juga memiliki fitur emoji. Hal itu mengingatkan pada fitur serupa Apple, namun sedikit berbeda. Pengguna dapat menggambar emoticon sederhana pada layar smartwatch mereka, kemudian akan muncul beberapa ikon, lalu memilihnya untuk dimasukkan ke dalam pesan.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015