Jakarta (ANTARA News) - Menjaga ibu tetap bahagia selama kehamilan ternyata sangat penting untuk perkembangan anak di masa yang akan datang.

Dokter Spesialis Anak Tumbuh Kembang, Dr. dr. Soedjatmiko, Sp.A(K), M.Si mengatakan suasana hati seorang ibu selama hamil rupanya berpengaruh pada karakter sang anak kelak.

"Tempramen anak itu dibentuk sejak berada di dalam kandungan, jadi kalau selama hamil ibu happy, maka anak akan lahir dan tumbuh menjadi anak yang happy karena saat ibu hamil bahagia, dia akan mengeluarkan hormon-hormon yang disalurkan ke plasenta dan kemudian ditangkap oleh syaraf-syaraf otak janin. Kalau yang ditangkap hormon bahagia maka bayi akan jauh lebih sensitif pada perasaan gembira," kata dr. Soedjatmiko di Jakarta, Sabtu.

Sebaliknya, jika ibu tidak bahagia saat masa kehamilan maka akan melahirkan anak rewel, gelisah, pencemas, sangat pendiam, atau bahkan mudah tantrum.

"Kalau ibu hamil ngedumel terus, maka bayi akan lebih sensitif pada rasa-rasa yang negatif." Oleh sebab itu, selama masa kehamilan sangat dianjurkan untuk menyenangkan para ibu hamil.

Psikolog Ratih Andjayani Ibrahim, MM.,Psi mengatakan, pada saat ibu sedanf hamil, peran ayah sangat penting untuk ikut meringankan beban ibu hamil dan membuatnya serileks mungkin.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015