Jakarta (ANTARA News) - Tim Advanced Technology and Projects (ATAP) Google saat ini tengah bekerja sama dengan pabrik tekstil dalam teknologi tenun khusus bernama Project Jacquard.

Perusahaan teknologi ini bersama dengan produsen tekstil akan membuat tenunan terbuat dari benang khusus yang dapat menangkap interaksi sentuhan dan gerakan.

Benang ini ditenun menjadi kain yang dapat digunakan untuk membuat berbagai produk mulai kemeja hingga jok mobil.

Selanjutnya, terdapat teknologi khusus semacam sirkuit kecil untuk dihubungkan dengan material serat kain yang nantinya menjadi produk akhir. Kain yang terkoneksi inilah yang merupakan produk Project Jacquard ATAP Google.

Kapas, sutra, poliester atau bahan lainnya akan ditenun dengan paduan logam konduktif sama tipis untuk membuat benang yang kuat. Bahan-bahan itu kemudian dilekatkan dengan komponen yang mendukung logam konduktif tersebut sedemikian rupa sehingga tidak mudah terlihat.

Komponen tersebut menangkap interaksi gerakan dan sentuhan pemakai dengan kain dan mengirimkannya langsung ke perangkat portabel, misalnya smartphone, untuk kontrol atau output lebih lanjut.

Oleh karena itu, Google juga mengembangkan versi miniatur dari chip nirkabel, konektor, protokol komunikasi yang akan digunakan bersama dengan ekosistem layanan cloud dan aplikasi.

Google telah menggandeng produsen jeans ternama Levi's sebagai mitra resmi pertama untuk Project Jacquard, demikian GSM Arena.




Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015