Jenewa (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry mengalami patah kaki kanan akibat kecelakaan sepeda di rute Tour de France dekat Scionzier, Prancis, Minggu, dan tengah kembali ke Amerika Serikat, kata juru bicaranya seperti dikutip Reuters.

Akibatnya dia membatalkan kunjungan ke Madrid dan Paris.

Kerry patah tulang paha namun tidak sampai mengancam nyawanya dan diperkirakan akan pulih sepenuhnya, kata juru bicara John Kirby.

Dia telah dibawa ke rumah sakit utama di Jenewa, Swiss, dan kini sudah stabil.

Kerry (71) masih menjadi penggila olah raga dan kerap membawa sepedanya dalam berbagai lawatan internasionol.

Kecelakaan itu terjadi sewaktu bersepeda setelah bertemu dengan Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif di Jenewa, untuk menanggulangi kendala-kendala dalam negosiasi program nuklir Iran.

Belum jelas benar apakah kecelakaan itu akan mempengaruhi kelangsungan negosiasi nuklir Iran, padahal tinggal satu bulan sebelum tenggat waktu 30 Juni untuk mencapai kesepakatan akhir antara Iran dengan AS, Inggris, Prancis, Jerman, Rusia dan Tiongkok.

Kerry diterbangkan oleh sebuah helikopter medis dari situs kecelakaan setelah distabilkan oleh seorang dokter dan paramedis yang saat itu mengikuti iring-iringan sepeda.

Kerry kini tengah menuju ke kota kelahirannya Boston untuk dirawat di rumah sakit Massachusetts, kata Kirby.

Tadinya dia akan melawat ke Madrid guna menandatangani kesepakatan pertahanan yang akan membuat AS bisa menggunakan secara permanen sebuah pangkalan angkatan udar di Moron, Sevilla.

Dari Madrid dia sedianya akan ke Paris untuk bertemu dengan Perdana Menteri Irak Haidar al-Abadi dan para anggota koalisi anti-ISIS pimpinan AS.




Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015