Jakarta (ANTARA News) - Pebalap Spanyol, Jorge Lorenzo, berhasil menjuarai balap motor MotoGP Italia pada Minggu malam, sementara juara dunia tahun lalu dan dua tahun berturut-turut, Marc Marquez, justru gagal mengakhir lomba.

Menurut laman MotoGP yang dikutip Senin pagi, hasil ini membuat Lorenzo yang memulai lomba dari urutan kedua, makin memperkecil jarak dengan pimpinan klasemen sementara MotoGP, Valentino  Rossi. Rossi, rekan satu tim Lorenzo di Movistar Yamaha MotoGP, berhasil naik podium di urutan ketiga setelah memulai balapan dari urutan kedelapan.

Dengan menjadi juara di Sirkuit Mugello, Lorenzo yang merupakan juara dunia 2010 dan 2012 ini, mendapat nilai 25 poin sehingga kini totalnya menjadi 112 poin atau hanya tertinggal enam poin dibanding Rossi dengan 118 poin. Sebelumnya, Lorenzo tertinggal 12 poin.

Kemenangan Lorenzo di Italia adalah kemenangan ketiga berturut-turut setelah sebelumnya juga menjuarai balapan di Spanyol dan Prancis, dari enam balapan yang telah dilakukan.

Sementara itu pembalap Ducati Team, Andrea Iannone, yang memulai balapan dari urutan pertama, menduduki urutan kedua balapan di Italia. Ini adalah podium kedua baginya setelah mengikuti MotoGP sejak 2013.

Namun hasil ini sudah cukup bagi pebalap Italia ini untuk naik peringkat klasemen sementara dari urutan kelima menjadi keempat menggeser Marc Marquez yang tidak tuntas mengikuti lomba.

Iannone kini mengoleksi nilai 81 atau unggul 12 poin dibanding Marquez. Ionnone juga hanya tinggal berjarak dua poin dibanding urutan ketiga yang juga rekan satu timnya Andrea Dovizioso. Dovizioso juga tidak dapat mengakhiri lomba.

Sementara itu pebalap termuda yang memenangi titel juara dunia dua kali secara beruntun, Marquez, memperoleh hasil buruk di Italia. Pebalap Honda ini memulai balapan dari urutan ke-13 karena hasil yang buruk saat kualifikasi, atau hasil kualifikasi terburuk yang dicapainya di balapan MotoGP. (Baca: Kualifikasi MotoGP Italia)

Namun di awal lomba, pebalap Spanyol berusia 22 tahun ini, menunjukan kinerja yang baik karena bisa menyerobot hingga urutan ketiga bahkan kedua. Namun setelah saling susul dengan Iannone, Marquez terjatuh di putaran ke-18 atau saat balapan tinggal enam putaran lagi, dan tidak melanjutkan balapan.

Hasil ini membuat posisi Marquez di klasemen sementara turun dari sebelumnya keempat menjadi kelima digeser oleh Iannone.

Dengan hasil di Italia, dari enam kali lomba tahun 2015, Marquez tercatat dua kali tidak mampu finis setelah yang pertama saat balapan di Argentina. Ia baru satu kali menjadi juara pertama yakni saat mengikuti balapan kedua di Amerika.

Klasemen sementara

Pos.PebalapMotorNegaraNilai
1Valentino ROSSIYamahaITA118
2Jorge LORENZOYamahaSPA112
3Andrea DOVIZIOSODucatiITA83
4Andrea IANNONEDucatiITA81
5Marc MARQUEZHondaSPA69
6Bradley SMITHYamahaGBR57
7Cal CRUTCHLOWHondaGBR47
8Pol ESPARGAROYamahaSPA45
9Maverick VIÑALESSuzukiSPA36
10Danilo PETRUCCIDucatiITA32
11Aleix ESPARGAROSuzukiSPA31
12Yonny HERNANDEZDucatiCOL26
13Dani PEDROSAHondaSPA23
14Scott REDDINGHondaGBR18
15Hector BARBERADucatiSPA16
16Loris BAZYamaha ForwardFRA10
17Michele PIRRODucatiITA8
18Nicky HAYDENHondaUSA8
19Jack MILLERHondaAUS6
20Hiroshi AOYAMAHondaJPN5
21Alvaro BAUTISTAApriliaSPA5
22Eugene LAVERTYHondaIRL3
23Stefan BRADLYamaha ForwardGER1

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015