Tanjung, Kalsel, (ANTARA News) - Sejumlah calon jemaah haji Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, telah melaksanakan tes kesehatan dan kebugaran di masing-masing puskesmas sebagai persiapan keberangkatan haji tahun ini.

Menurut petugas Haji dan Umrah Kementerian Agama Tabalong, Jainoor di Tanjung, Senin mengatakan sebanyak 282 calon jamaah haji (Calhaj) rencananya tahun ini akan diberangkatan.

"Tes kesehatan dan kebugaran sudah dilaksanakan oleh masing-masing puskesmas dan tahun ini rencananya 282 calon jamaah haji asal Tabalong akan diberangkatkan," jelas Jainoor.

Terpisah Kepala Puskesmas Hikun, Shinta Kemala Sari mengatakan tes kebugaran mencakup lari, tes keseimbangan sedangkan tes kesehatan diantaranya deteksi tubuh dan lemak tubuh.

"Untuk wilayah Puskesmas Hikun tercatat sebanyak 72 calon jemaah haji yang sudah melaksanakan tes kesehatan dan kebugaran mencakup latihan keseimbangan serta lari," jelas Shinta.

Shinta menambahkan jika ada calon jamaah haji yang terdeteksi mengidap penyakit hepatitis B dianjurkan untuk menunda keberangkatan ke Tanah Suci.

Sementara itu pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2015 dimulai hari ini sampai 30 Juni 2016 dan tahap kedua mulai 7 sampai 23 Juli 2015.

Pewarta: Herlina Lasmianti
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015