Los Angeles (ANTARA News) - Film "San Andreas" yang dibintangi oleh Dwaine Johnson mendominasi box office mingguan Amerika Utara dengan pendapatan penjualan tiket 53,2 juta dolar AS pada akhir pekan penayangan perdananya.

Penjualan tiket film yang ditayangkan di 3.777 tempat di Amerika Serikat itu jauh melebihi proyeksi pendapatan peluncuran awal Warner Bross.-New Line 3D yang sebesar 40 juta dolar AS.

Pendapatan "San Andreas" lima kali lipat lebih dari pendapatan penayangan perdana film komedi romantis "Aloha" produksi Sony, yang hanya mengumpulkan 10 juta dolar AS dari 2.815 lokasi meski bertabur bintang seperti Bradley Cooper, Emma Stone dan Rachel McAdams.

Johnson menjadi pusat promosi "San Andreas," yang menampilkan dia sebagai pilot helikopter heroik yang berusaha menyelamatkan anak perempuannya, yang diperankan oleh Alexandra Daddario, di tengah gempa besar.

"Johnson jelas salah satu bintang yang bankable sekarang," kata Paul Dergarabedian, analis media senior di Rentrak.

"Fleksibilitas, kharisma, humor dan keberadaan Johnson di layar lebar membuatnya menjadi orang yang dituju pembuat film untuk untuk memasak tingkat kegembiraan dan membangun kekuatan film mereka," katanya.

Dan Fellman, kepala distribusi domestik Warner Bross., juga mengatakan Johnson layak mendapat banyak penghargaan atas perannya dalam film dengan biaya produksi 110 juta dolar AS yang ikut dibiayai oleh Village Roadshow Pictures itu.

Sementara "Pitch Perfect 2" dari Universal pada pekan ketiga penayangannya bertahan di posisi kedua dengan pendapatan 14,8 juta dolar AS dari 3.660 lokasi.

Pendapatan sekuel komedi dengan banderol harga 29 juta dolar AS itu melampaui proyeksi dengan total hasil penjualan tiket 147,5 juta dolar AS selama 17 hari di Amerika Serikat dengan tambahan 80 juta dolar AS lain dari bioskop internasional.

Pada posisi ketiga ada "Tomorrowland" yang dibintangi oleh George Clooney. Film berbiaya produksi 180 juta dolar AS itu mengumpulkan 13,8 juta dolar AS selama akhir pekan sehingga pendapatan totalnya dalam 10 hari menjadi 63,2 juta dolar AS.

"Mad Max: Fury Road" berada di posisi keempat dengan pendapatan 13,6 juta dolar AS dari 3.255 tempat. Film yang dibintangi oleh Tom Hardy dan Charlize Theron itu total mengumpulkan 115,9 juta dolar AS di Amerika Serikat dalam 17 hari.

Pada pekan kelima penayangannya, film Disney-Marvel "Avengers: Age of Ultron" menempati posisi kelima dengan hasil penjualan tiket 10,9 juta dolar AS.

Film itu total mengumpulkan pendapatan 427,1 juta dolar AS di Amerika Serikat dan total pendapatan 1,32 miliar dolar AS di seluruh dunia, demikian seperti dilansir kantor berita Reuters.


Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015