... mari kita kembalikan Pancasila sebagai dasar negara dan basis pembangunan indonesia. Serta lebih tinggi dari Nawacita yang diagungkan itu...
Jakarta (ANTARA News) - Pengamat komunikasi politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio, mengatakan, pemerintah seharusnya memosisikan Pancasila yang merupakan dasar dan landasan bangsa, lebih tinggi dari sekadar program Nawacita atau sembilan cita-cita. 

"Pancasila, seharusnya disikapi sebagai kekuatan yang lebih tinggi dari Nawacita yang sering digembar-gemborkan itu, karena memang seharusnya seperti itu. Pancasila adalah dasar negara, ingat itu," kata Satrio, saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Lima sila (dasar) yang tertuang dalam Pancasila, kata dia, seharusnya dijadikan landasan dalam menjalankan program pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden, Jusuf Kalla, dalam melaksanakan program Nawacita-nya.

"Lima sila tersebut dimulai dari sila pertama sampai kelima seharusnya jadi dasar dalam menjalankan pemerintahan melalui program Nawacita itu," ujarnya.

"Jadi mari kita kembalikan Pancasila sebagai dasar negara dan basis pembangunan indonesia. Serta lebih tinggi dari Nawacita yang diagungkan itu," kata dia. 

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015