Jakarta (ANTARA News) - Dirjen Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian I Gusti Putu Surja Wirawan akan menemui petinggi perusahaan yang didirikan Steve Jobs tersebut di Singapura.

"Jadi, di Singapura kami atur pertemuan dengan Apple besok (2/6). Kelihatannya mereka melakukan komunikasi positif. Saya akan mendampingi Dirjen ILMATE untuk bertemu mereka," kata Direktur Industri Elektronika dan Telematika ILMATE Kemenperin Ignatius Warsito di Jakarta, Senin.

Warsito mengatakan, pertemuan tersebut akan membahas langkah-langkah yang bisa dilakukan Apple untuk bisa saling melengkapi dari segi bisnis, sehingga perusahaan raksasa asal Amerika tersebut bisa masuk ke Indonesia.

Menurutnya, Apple mengundang pemerintah untuk bertemu di Singapura karena perwakilan Apple Asia Tenggara berada di sana.

Dalam hal ini, tambah Warsito, Pemerintah Indonesia sangat menyambut positif untuk memberikan berbagai macam informasi terkait investasi di Indonesia.

Sebelum pertemuan ditingkat yang lebih tinggi ini, Warsito sudah menggelar tiga hingga empat kali pertemuan di level teknis.

Ia berharap, ada sinyal positif dari Apple untuk mau masuk dan mengembangkan usahanya di Indonesia.

"Kami pulang tanggal 3 Juni 2015 malam. Kami juga akan meninjau PT Sat Nusapersada di Batam, Kepulauan Riau," ujar Warsito.

Hingga kini, produsen ponsel yang pernah menjajaki rencana investasinya dengan Kemenperin adalah Sony, sementara perusahaan Blackberry dikabarkan belum melaporkan rencana apapun kepada Kemenperin.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015