Jakarta (ANTARA News) - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) melakukan kunjungan muhibah ke Sudan, yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah.

Kunjungan pada 30 Mei - 2 Juni tersebut merupakan undangan dari parlemen Sudan untuk menghadiri pelantikan ketua dan anggota parlemen Sudan periode 2015 - 2020 dari hasil pemilu April lalu, menurut siaran pers KBRI Khartoum yang diterima Antara di Jakarta, Senin.

Dubes RI untuk Sudan dan Eritrea Burhanuddin menyambut kedatangan delegasi tersebut yang terdiri atas Muhammad Misbakhum (F-PG, Edhi Prabowo (F-Gerindra), Rofi Munawar (F-PKS), seorang pejabat Sekretariat DPR RI, dua tenaga ahli dan pewarta TV Parlemen.

Selama kunjungan selain menghadiri upacara pelantikan pimpinan dan anggota parlemen, delegasi DPR RI juga melakukan pertemuan dengan komisi hubungan luar negeri Parlemen Sudan (Persahabatan Parlemen Indonesia-Sudan) dan berencana melakukan pertemuan khusus dengan ketua Parlemen Sudan terpilih.

Mereka dijadwalkan mengadakan diskusi dengan para mahasiswa Indonesia yang sedang menimba ilmu di Sudan.

Dubes RI Burhanuddin menyampaikan kegembiraannya atas kehadiran delegasi DPR RI pada pelantikan Parlemen Sudan. Kesediaan DPR RI sebagai representasi negara Indonesia dalam memenuhi undangan dari Parlemen Sudan akan berdampak positif pada upaya-upaya nyata peningkatan hubungan bilateral kedua negara ke depan.

Dubes RI juga mengharapkan DPR RI dan Parlemen Sudan dapat lebih mendorong upaya konkret dalam merealisasikan perjanjian kedua negara.

Dalam kunjungan itu, kedua parlemen sepakat untuk mempererat hubungan dan kerja sama dua parlemen dan meningkatkan koordinasi dalam pembentukan forum parlemen Asia-Afrika yang telah digagas dan disepakati pada pertemuan Parlemen Asia-Afrika yang lalu, di mana Sudan ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan pertemuan pertama forum tersebut.

Pewarta: Mohammad Anthoni
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015