Barru, Sulawesi Selatan (ANTARA News) - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengajak Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) menyumbangkan 1.000 Alquran untuk pengungsi Rohingya yang ditampung di empat dititik di Aceh.

"Ini lebih sebagai solidaritas Muslimat NU kita ingin berbagi rasa dengan saudara-saudara kita pengungsi Rohingya," kata Khofifah pada Harlah ke-69 Muslimat NU PW Sulawesi Selatan di Islamic Center Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, Rabu, yang juga dihadiri Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo dan Bupati Barru Andi Idris Syukur.

Mensos menceritakan, saat meninjau pengungsi Rohingya di Kuala Langsa Kota Langsa dan Kabupaten Aceh Timur, ia membawa 50 Alquran yang dibagikan kepada pengungsi Rohingya.

"Saat saya ke sana dan membagikan Alquran, mereka sangat bahagia karena bisa dekat dengan Alquran," katanya.

Ajakan menyumbang 1.000 Alquran dilakukan langsung dengan mengelilingkan kotak sumbangan uang kepada peserta Harlah sambil Mensos membacakan salawat.

Total uang terkumpul adalah Rp15,5 juta dan akan dibelikan Alquran untuk pengungsi Rohingya.

Berdasarkan data, jumlah pengungsi Rohingya dan Bangladesh adalah 1.759 jiwa, dengan rincian 564 jiwa di Punteut Kecamatan Blang Mangat, Kota Lhokseumawe.

672 jiwa ditampung di Pelabuhan Kuala Langsa Kota Langsa, 476 jiwa di Bireun Bayeun di Kabupaten Aceh Timur dan 47 jiwa di gedung milik Pemda Kabupaten Aceh Tamiang.




Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015