... rekor pada 2014 dengan 11 peluncuran, menggunakan tiga sistem peluncur yang dioperasikan dari Guiana Space Center di Guyana Prancis, Amerika Latin...
Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan peluncur satelit komersial, Arianespace, akan meluncurkan 12 roket peluncur hingga akhir 2015 termasuk enam peluncuran Ariane 5, tiga peluncuran Soyuz, dan tiga peluncuran Vega.

"Kami telah meluncurkan empat roket hingga pertengahan tahun ini," kata Chairman dan CEO Arianespace, Stephane Israel, dalam pernyataannya dari Singapura, Selasa (2/6). 

Di ASEAN, Indonesia adalah negara pertama yang menerapkan teknologi ruang angkasa dalam telekomunikasi, yaitu sejak mengoperasikan Satelit Palapa A1 pada dasawarsa '70-an, yang didorong roket Ariane. 

Hingga 31 Mei 2015, perusahaan yang bermarkas di Prancis itu telah membantu mengorbitkan satelit IXV pada 11 Februari, Galileo dan FOC M2 pada 27 Maret, Thor 7 dan Sicral 2 pada 24 April, serta Directv 15 dan Sky Mexico 1 pada 27 Mei.

Sisanya masih ada delapan roket yang akan diluncurkan hingga akhir 2015 yakni dari empat peluncur Ariane 5, dua peluncuran Soyuz, dan dua peluncuran Vega.

Menurut Israel, Arianespace merupakan perusahaan peluncur yang memperoleh lebih dari 50 persen pasar satelit komersial dari tahun ke tahun.

Hampir dua pertiga dari jumlah satelit yang dimiliki para operator di wilayah Asia Pasifik diluncurkan  rianespace. Setidaknya, Arianespace telah melakukan 71 peluncuran bagi 16 operator selama masa 34 tahun.

"Arianespace saat ini mencatat pesanan senilai lebih dari 4 miliar Euro dari 34 pelanggan," tambahnya.

Arianespace mencatat rekor pada 2014 dengan 11 peluncuran, menggunakan tiga sistem peluncur yang dioperasikan dari Guiana Space Center di Guyana Prancis, Amerika Latin. 

Dengan enam peluncuran oleh Ariane 5, empat oleh Soyuz, dan satu oleh Vega, Arianespace telah mengorbitkan total 23 wahana luar angkasa.

Ariane 5 meluncurkan 10 satelit telekomunikasi, bersamaan dengan ATV (Automated Transfer Vehicle) yang kelima dan terakhir, yang dijuluki Georges Lemaitre untuk membawa kargo ke stasiun luar angkasa internasional.

Sedangkan Soyuz dan Vega meluncurkan 12 satelit untuk pemerintahan dan komersial.

Arianespace membukukan pendapatan 2014 sebesar 1,399 miliar euro, meningkat 41 persen dibandingkan pendapatan 2013 yang sejumlah 989 juta euro.

"Kami optimistis dan akan memastikan keberlanjutan kepemimpinan kami di dunia," ujar Israel.

Peran dan porsi bisnis Arianespace dalam bisnis peluncuran wahana ke antariksa mulai mendapat saingan cukup penting dari Rusia (roket Soyuz dari Baikonur Cosmodrome di Kazakhstan) dan China (roket Long March). 

Selain mereka, India dan Jepang di Asia juga serius dalam peta jalan penguasaan teknologi ruang angkasa mereka. 

Pewarta: Monalisa
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015