... serangan bom itu ciri-ciri kelompok militan Islamis, Boko Haram, melancarkan aksi berdarah-darahnya...
Maiduguri, Nigeria (ANTARA News) - Ledakan bom menghantam pusat perdagangan binatang ternak di negara bagian timurlaut Nigeria, Borno, pada Sabtu larut malam, dan menewaskan seketika 16 orang , kata sumber-sumber rumah sakit dan militer.

Insiden serangan bom itu ciri-ciri kelompok militan Islamis, Boko Haram, melancarkan aksi berdarah-darahnya.

Boko Haram telah menewaskan ribuan orang dan memaksa sekitar 1,5 juta lainnya mengungsi dalam pemberontakan yang dilancarkan untuk membentuk kekhalifahan Islamis di Nigeria timurlaut. 

Namun kelompok Boko Haram telah kehilangan sebagian besar wilayah yang mereka rebut karena serangan balasan pemerintah tahun ini.

Tidak ada pihak yang segera menyatakan bertanggung jawab atas serangan tersebut. Serangan terjadi setelah rangkaian pengemboman selama dua minggu yang menewaskan setidaknya 30 orang serta tampaknya dilakukan oleh Boko Haram.

"Sekitar pukul 16.30 pada Sabtu, mereka menimbulkan korban tewas di lokasi ledakan... 16 jenazah dikumpulkan sementara 24 orang luka-luka," kata Lawal Kawu, seorang paramedis di rumah sakit pelatihan di Maiduguri, kepada Reuters.

Ia mengatakan beberapa dari mereka yang luka-luka juga berada dalam keadaan kritis.

Zakariya Shettima, yang tinggal di dekat lokasi dan tiba di tempat itu setelah ledakan mengguncang daerah perumahan Musari di pinggiran kota Maiduguri, mengatakan bahwa ia melihat darah dan bagian-bagian tubuh. Ia mengatakan ledakan itu menimbulkan lubang dan menghancurkan beberapa toko di pasar itu.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015